Perang India vs China, Nama Buah Naga sampai Diubah Jadi Kamalam, Alasannya Bikin Netizen Tiongkok Auto Ngakak: Wow Menteri Mereka Sibuk Sekali

Jumat, 22 Januari 2021 | 13:00
Freepik/DNA India

Ingat China, India ubah nama buah naga jadi Kamalam

Sosok.ID - Ketegangan India dan China diketahui meningkat, terlebih setelah perang tangan kosong berlangsung di perbatasan yang disengketakan pada Juni 2020 lalu.

Pada saat itu, bentrokan mematikan antara pasukan kedua negara telah menewaskan 20 tentara India, dengan korban tewas dari China tidak disampaikan namun diyakini ada.

Permusuhan dua negara itu membuat India memutuskan untuk mengubah nama "buah naga" menjadi "kamalam", dengan alasan buah itu mengingatkan mereka pada China.

Padahal, buah dari spesies kaktus liar tersebut sejatinya berasal dari Amerika Selatan dan Tengah, yang disebut dengan pitaya atau pitahaya.

Baca Juga: 20 Mayat Tentaranya Tergeletak di Perbatasan Himalaya Barat, Hubungan India-China 'Sangat Terganggu' Usai Meletus Perang Batu

Kepala Menteri Gujarat Vijay Rupani mengatakan bahwa negara mengusulkan untuk mengganti nama buah naga menjadi 'kamalam'.

Buah naga “kedengarannya tidak sesuai”, kata Rupani, dikutip Sosok.ID dari The Indian Express, Jumat (22/1/2021).

India menganggap 'kamalam' tepat digunakan untuk menggantikan nama buah naga karena karakteristik fuchsia 'paku' atau 'kelopak' buahnya mengingatkan pada teratai yang sedang mekar.

Kamalam dalam bahasa Sansekerta berarti bunga teratai, di mana bunga itu dianggap suci bagi umat Hindu sekaligus merupakan bunga nasional India.

Baca Juga: India Tangkap Tentara China yangTerkunci di Perbatasan, Beijing Ingatkan Insiden Sekecil Apa punPicu Situasi Tegang!

Sementara India diidentikkan dengan Gajah, China sering disandingkan dengan naga.

Dalam siaran Mann Ki Baat pada 26 Juli tahun lalu, Perdana Menteri India Narendra Modi memuji para petani Kutch karena telah membudidayakan buah naga dan mengadopsi praktik-praktik inovatif, menyebutnya sebagai "semangat kemandirian".

Pada 6 Agustus, Ram Kumar, kepala pelestarian hutan tambahan (perhutanan sosial) di departemen kehutanan Gujarat, meneruskan proposal kepada Dewan Riset Pertanian India (ICAR) untuk mengganti nama buah menjadi Kamalam.

Ini, tulis Kumar, akan "meningkatkan kesadaran dan perluasan", "dan berkontribusi untuk mengurangi ketergantungan impor kami sejalan dengan 'Atmanirbhar Bharat'".

Baca Juga: Lagi-lagi Tentaranya Dicokok India,China'Mengemis' agar Pasukannya Dikembalikan!

Kamalam juga merupakan nama markas BJP di Koba di Gandhinagar, dan kamal - lotus - adalah simbol pemilihan Partai Bharatiya Janata (BJP) yang berkuasa.

Rupani, bagaimanapun, mengatakan tidak ada politik yang terlibat dalam penggantian nama tersebut.

“Pemerintah Gujarat telah memutuskan bahwa buah naga bukanlah kata yang cocok. Di seluruh dunia dikenal sebagai buah naga dan orang berpikir tentang Cina. Jadi kami beri nama Kamalam. Ini buah seperti teratai,” katanya.

Sumber ICAR mengatakan proposal pemerintah Gujarat telah diteruskan ke Kementerian Persatuan Pertanian dan Kesejahteraan Petani.

Baca Juga: Benteng Pegunungan, China Pamerkan Pos Militer di Puncak Gunung untuk Bombardir India

“ICAR tidak melakukan segalanya dalam hal ini. ICAR adalah badan yang merekomendasikan. Apapun nomenklaturnya, pelepasan varietas, produksi, semuanya dilakukan oleh Departemen Pertanian dan Kerjasama, sayap lain, dan bukan sayap penelitian,” kata Dr AK Singh, wakil direktur jenderal (penyuluhan pertanian) ICAR.

Petugas ICAR mengatakan proposal semacam itu membutuhkan persetujuan dari Survei Botani India dan Otoritas Keanekaragaman Hayati Nasional di bawah Kementerian Persatuan Lingkungan Hidup, Hutan dan Perubahan Iklim.

“Buah naga bukanlah spesies asli India dan setiap perubahan nomenklatur dalam catatan sejarah resmi dapat menyebabkan litigasi internasional. Makanya, opini BSI dan NBA penting,” kata seorang pejabat ICAR.

Kabar digantinya nama buah naga menjadi 'kamalam' ini sontak menarik perhatian netizen internasional, khususnya netizen China.

Baca Juga: Bisa Berujung Bentrokan, Perundingan China-India Tak Buahkan Hasil

Mereka beramai-ramai mengejek keputusan pemerintah negara bagian India yang dinilainya terlalu tidak penting untuk diributkan.

Melansir Global Times, sebuah komentar mengejek mengatakan bahwa India terlalu tidak punya pekerjaan sampai mengurus hal-hal demikian.

"Ini adalah satu-satunya hal yang cukup mereka (pemerintah) lakukan," kata seorang netizen.

"Ketika saya membaca berita seperti itu, saya ingin menampar wajah saya sendiri," tulis yang lain di sosial media Twitter.

Baca Juga: Sama-sama Kirim Pasukan Lengkap dengan Persenjataan Canggih, China dan India Kirim Tentara Untuk Siaga Perang di Atas Sungai, Ini Sebabnya!

Beberapa menertawakan keputusan tersebut dengan menanyakan apakah ada rencana untuk mengganti nama buah lain berdasarkan bentuknya, menyarankan bahwa persik harus diganti namanya menjadi "puntung" karena tampilannya yang mirip.

"Wow. Senang mengetahui apa yang membuat mereka begitu sibuk," ejek seorang netizen.

"Prioritas seorang Ketua Menteri sudah ditetapkan. Dia melakukan pekerjaan yang terbaik…," cemooh lainnya.

Sementara kebanyakan netizen China mengomentari pemberitaan itu dengan mengirim banyak emoji "tertawa untuk menangis". (*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Global Times, The Indian Express

Baca Lainnya