Follow Us

Bisa Berujung Bentrokan, Perundingan China-India Tak Buahkan Hasil

Seto Ajinugroho - Kamis, 31 Desember 2020 | 06:13
Bisa Berujung Bentrokan, Perundingan China-India Tak Buahkan Hasil
Xinhua

Bisa Berujung Bentrokan, Perundingan China-India Tak Buahkan Hasil

Sosok.ID - India-China memang terlibat konflik.

Bahkan kedua negara perah terlibat perang.

Namun India kalah dalam perang tersebut lantaran militer China lebih kuat.

Sekarang keduanya terancam dalam peperangan lagi.

Baca Juga: Nasi Sudah Jadi Bubur, Pernikahannya dengan Ahmad Dhani Sudah Terlanjur Hancur Lebur, Maia Estianty Baru Menyesal Hiraukan Firasat sang Ibu yang Sempat Tak Sudi Beri Restu ke sang Musisi

Pembicaraan antara India dan China belum mencapai kemajuan untuk mengakhiri kebuntuan di bagian perbatasan Himalaya yang disengketakan, kata menteri pertahanan India pada hari Rabu (30/12), ketika ribuan pasukan dari kedua belah pihak menghadapi musim dingin yang membekukan di pegunungan. .

Menteri Pertahanan India, Rajnath Singh mengatakan tidak ada hasil yang berarti dari beberapa putaran pembicaraan diplomatik dan militer yang bertujuan untuk mengurangi konfrontasi perbatasan terburuk antara tetangga bersenjata nuklir dalam beberapa dekade.

Namun, katanya, kedua belah pihak masih saling bertukar pesan mengenai situasi perbatasan dan putaran pembicaraan militer lainnya segera tiba.

Baca Juga: Kim Jong Un Buka Kamp Penjara Baru untuk Warga Korea Utara yang Ngeyel Langgar Aturan Pandemi, Ada Tahanan yang Tewas Sehari Setelah Dipenjara Gegara Hukuman yang Kejam

Ketegangan meningkat pada bulan Juni, setelah pasukan bentrok dalam pertempuran jarak dekat di lembah Galwan di Ladakh, berbatasan dengan dataran tinggi Tibet yang dikuasai Tiongkok.

Dua puluh tentara India terbunuh, dengan China menderita jumlah korban yang tidak diungkapkan, dan kedua belah pihak meningkatkan kehadiran militer mereka, memindahkan orang-orang, senjata, dan persediaan ke wilayah gurun dataran tinggi.

Source : kontan

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest