China Boleh Bermimpi Tinggi, Ekonomi dan Militer pun Bisa Ungguli AS, Tapi Jangan Harap Rebut Gelar Negara Adidaya Global, Ini Sebabnya!

Jumat, 22 Januari 2021 | 08:13
Da qing - Imaginechina/VCG via Global Times

China vs AS

Sosok.ID - Dunia sedang menarasikan kemunculan China sebagai negara adidaya baru menggantikan Amerika Serikat (AS) dari struktur kekuatan global.

China yang bangkit dengan kuat dari krisis ekonomi global yang berkembang karena pandemi Covid-19 dan kebijakan pengucilan sekutu Donald Trump dalam NATO selama empat tahun terakhir telah mendorong narasi tersebur ke depan secara signifikan.

China telah menjadi kekuatan ekonomi global, dan diperkirakan akan melampaui AS sebagai ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2028.

Dikutip dari The Print, China masih tertinggal tetapi sedang dalam perjalanan untuk melampaui AS dalam kekuatan militer dengan peningkatan pengeluaran untuk teknologi senjata dan mengembangkan beberapa senjata rahasia.

Baca Juga: China Makin Tersudut,Jepang Ikut Campur Urusan Laut China Selatan,Tapi Takut Dibalas di Laut China Timur, Kenapa?

Tidak ada keraguan atas China memperoleh kekuatan ekonomi dan militer yang lebih unggul daripada AS lebih cepat daripada nanti, tetapi pertanyaannya adalah, dapatkah China menjadi negara adidaya yang tangguh dan lengkap seperti AS selama delapan dekade terakhir?

Ketika Uni Soviet bersaing dengan AS untuk mengklaim status adikuasa selama periode Perang Dingin, itu agak menyamai kekuatan Amerika dalam memimpin aliansi dan kekuatan militer.

Namun, pada puncak kekuasaannya, Uni Soviet tidak pernah bisa menandingi dominasi AS secara ekonomi atau budaya.

Seperti Uni Soviet di masa lalu, China kini menghadapi beberapa tantangan geopolitik dan budaya sebelum bisa mencapai status adidaya global serupa dengan AS.

Baca Juga: Ada Niat Disengaja, Ahli Asal Taiwan Ungkap Harusnya Virus Corona Tak Separah Sekarang Bila China Lakukan Hal Ini

China tidak dapat bercita-cita untuk mendapatkan rasa hormat dan penerimaan yang sama di seluruh dunia, bahkan jika kekuatan ekonomi dan militernya mengalahkan AS, kata The Print.

AS yang demokratis akan selalu memiliki keunggulan ideologis, politik, dan budaya dibandingkan dengan Komunis China.

Baca Juga: Dua Bulan Menghilang Tanpa Kabar Setelah Kritik Pemerintahan Xi Jinping, Jack Ma Akhirnya Muncul Lagi ke Publik, Ini yang Terjadi pada Perusahaannya

Negara Komunis satu partai

Meskipun Tiongkok telah mengembangkan sistem hibrida untuk tumbuh secara spektakuler di bidang ekonomi, Tiongkok masih merupakan negara Komunis satu partai.

Secara politis, ia semakin tertutup dan terpusat dari sebelumnya. Adapun Partai Komunis China merayakan hari jadinya yang ke-100 tahun ini.

Pada tahun 2011, ketika merayakan hari jadinya yang ke-90, banyak ilmuwan politik China terkemuka secara terbuka membahas kemungkinan China membuka sistem pemilu multi-partai.

Diskusi semacam itu hampir tidak mungkin dibayangkan di China yang dipimpin Xi Jinping sekarang.

China memang dikenal sebagai negara kuat dengan birokrasi partai yang kuat, tetapi politiknya berpotensi sangat rapuh.

Baca Juga: Omongan AS Mentah-mentah Dilepeh China, Beijing Ogah Akui Adanya Pembasmian Etnis Uighur, Sebut Mike Pompoe 'Badut Hari Kiamat' atas Klaim Genosida

Baca Juga: Deretan Pasukan Khusus Terbaik di Dunia, Ada Dua Pasukan Milik AS, Siapa Lainnya?

Di bawah sistem tertutup, hampir tidak mungkin untuk memprediksi kapan percikan itu akan datang untuk memicu pergolakan politik. Ini adalah negara di mana kepala Interpol atau miliarder terkenal di dunia bisa menghilang tanpa penjelasan resmi.

Ratusan jutawan Tiongkok telah tinggal di luar negeri untuk melindungi kekayaan mereka dari ketidakpastian masa depan dan memanfaatkan peluang masyarakat terbuka.

China telah menjadi kaya, menghabiskan banyak uang untuk pendidikan universitasnya, tetapi 600.000 siswa China pergi ke luar negeri untuk studi tinggi mereka setiap tahun.

Ekonomi China mungkin berkembang pesat selama beberapa dekade, tetapi 10 juta orang China telah melakukan perjalanan ke negara lain untuk mencari pekerjaan sementara 51 juta orang dari seluruh dunia telah pindah ke AS untuk pekerjaan yang lebih baik dan kehidupan yang lebih baik.

Baca Juga: Di Detik-detik Trump Lengser, AS Nyatakan Kejahatan Genosida Sedang Dialami Muslim Uighur, China Diduga Berupaya Basmi Populasi dan Hilangkan Adat Istiadat Islam

Lingkungan yang sulit

Terlepas dari masalah politik yang sedang berlangsung, tidak ada keraguan bahwa sistem politik Amerika tahan terhadap serangan apa pun dari kekuatan yang tidak stabil.

Tapi kepercayaan semacam itu pada sistem terus mengelak dari China. Meskipun China telah menikmati stabilitas politik sejak lama, orang-orang China tidak memiliki kepercayaan yang sama dalam sistem politik mereka seperti yang dimiliki Amerika.

Ini tidak akan membantu China mendapatkan rasa hormat dari negara lain dalam persaingannya untuk menjadi negara adidaya global.

Geopolitik juga tidak menyukai China seperti halnya AS.

Berbeda dengan AS, China dikelilingi oleh beberapa negara kuat dan bersaing. Di antara mereka, setidaknya dua, Rusia dan India, melihat impian menjadi negara adidaya.

Baca Juga: Selalu AdaTumpah Darah sebelum Kemerdekaan, Taiwan Nekat Gencarkan Latihan Militer Saat AS Disanksi China, Tembakan Batalion dan Pengawasan Medan Perang Ditingkatkan

China juga berperang melawan mereka dan terus mengalami beberapa sengketa perbatasan. China tidak aman atau terlindungi di lingkungannya untuk secara bebas terlibat dalam proyek politik dan militer di bagian lain dunia seperti yang dilakukan AS.

Selain lokasi China di lingkungan yang sulit, China juga tidak memiliki sekutu yang tepercaya dan kuat.

Di satu sisi, AS yang demokratis telah menjalin kerja sama politik dan militer yang kuat dengan banyak negara kuat secara regional seperti Inggris, Jerman, Jepang, dan Australia sejak masa Perang Dingin.

AS terus mempertahankan sekutu itu, sambil mendapatkan yang baru seperti India.

Di sisi lain, satu-satunya sekutu penting China di dunia adalah Rusia, tetapi aliansi tersebut mengalami banyak kontradiksi dan belum melewati ujian waktu.

Sulit membayangkan China mendapatkan keunggulan secara militer, ekonomi, dan politik di masa depan, vis-à-vis AS dan kekuatan gabungan sekutunya.

Baca Juga: Pantas Kapal China Terbirit-birit Saat Bertemu TNI AL, Begini Pengalaman Pasangan Pelayar Asal Australia Saat Lintas Wilayah Indonesia

AS berdiri teguh

AS telah dan akan terus menjadi negara adidaya budaya global, dan hanya ada sedikit kemungkinan China menimbulkan tantangan serius terhadap status itu.

Demokrasi dan kebebasannya tidak hanya memberikan keunggulan ideologis kepada AS, pengaruh budayanya melalui film, media, musik, dan sastra juga meluas ke seluruh dunia.

AS adalah negara imigran, dan mewakili serta memperkaya budaya dan gagasan dunia. Tapi China telah lama menjadi negara tertutup. Meskipun bahasa Inggris tetap menjadi bahasa dunia, hampir tidak mungkin membayangkan bahasa Mandarin menempati tempat itu.

The Print menganggap China akan selalu berjuang untuk mengejar AS dan mengambil posisi terdepan dalam perebutan kekuatan global.

Seperti Uni Soviet, status adikuasa akan dibatasi pada aspek-aspek tertentu saja. Sementara AS memiliki segalanya untuk bertahan lama dalam persaingan ini jika tidak sering terlibat dalam tindakan sabotase diri.(*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : The Print

Baca Lainnya