Tugas Berat Menumpuk di Gedung Putih, Air Mata Joe Biden Mengucur Ucap Selamat Tinggal untuk Kampung Halamannya: Ketika Saya Mati, Delaware akan Tertulis di Hati Saya

Rabu, 20 Januari 2021 | 20:00
YouTube Independent

Joe Biden menangis di kampung halamannya.

Sosok.ID - Dalam pidato yang sangat pribadi dan emosional, Presiden terpilih Joe Biden menyampaikan selamat tinggal terakhir kepada kampung halamannya di Delaware pada hari Selasa (19/1/2021).

Sebelum berangkat ke Gedung Putih, ia berterima kasih kepada para pendukungnya dan negara bagian yang menurutnya membantu membesarkannya.

"Ini agak emosional bagi saya," kata Biden menitikkan air mata, dikutip Sosok.ID, dilansir dari Independent.

"Lihatlah, kalian bersamaku sepanjang karierku, melalui saat-saat baik dan buruk."

Baca Juga: Di Detik-detik Trump Lengser, AS Nyatakan Kejahatan Genosida Sedang Dialami Muslim Uighur, China Diduga Berupaya Basmi Populasi dan Hilangkan Adat Istiadat Islam

“Dalam keluarga kami, nilai-nilai yang kami bagi, karakter yang kami perjuangkan, cara kami memandang dunia - semuanya datang dari rumah."

"Semuanya berasal dari Delaware," tambahnya.

Joe Biden yang dilantik di tangga Capitol AS pada hari Rabu (20/1/2021), teringat bertemu dengan istrinya, yang akan segera menjadi Ibu Negara Dr Jill Biden, di negara bagian di mana dia menjabat sebagai Senator AS.

Dia juga menceritakan betapa mendiang putranya, mantan Jaksa Agung Delaware, Beau Biden, mencintai kampung halaman mereka.

Baca Juga: Setumpuk Sebab Kenapa Trump Harus Dimakzulkan, Bahkan Senator Republik Juga Setuju Presiden AS Ditendang: Saya Ingin Dia Keluar!

"Saya hanya punya satu penyesalan, bahwa dia tidak ada di sini," kata Biden sambil merujuk pada almarhum putranya.

"Karena kita harus memperkenalkannya sebagai presiden," lanjutnya.

Biden dijadwalkan untuk naik pesawat dan terbang ke ibu kota negara tidak lama setelah pidato tersebut, di mana dia akan memimpin peringatan nasional untuk menghormati 400.000 orang Amerika yang telah meninggal karena pandemi virus corona, bersama Wakil Presiden Kamala Harris.

Pada hari Senin, Biden berpartisipasi dalam Hari Layanan Nasional Martin Luther King dengan menjadi sukarelawan di bank makanan lokal di Philadelphia bersama keluarganya, di mana ia terlihat memuat barang-barang kaleng ke ban berjalan.

Baca Juga: Capek-capek Bikin Onar, Trump malah Jadi Presiden Pertama Sepanjang Sejarah AS yang Bakal Dimakzulkan 2 Kali, Semua Ingin Mendepaknya Keluar dari Gedung Putih

Biden terus tinggal di Wilmington, Delaware setelah kemenangan dalam pemilihan umum melawan Presiden Donald Trump dalam pemilu 2020, di mana ia mengawasi Komite Pelantikan Presiden dan mulai menerima pengarahan intelijen harian.

Joe Biden juga memimpin sebagian besar kampanyenya dari Delaware.

Biden diharapkan naik jet pribadi ke ibu kota negara daripada pesawat pemerintah, yang menurut beberapa orang merupakan penyimpangan dari protokol keamanan tradisional untuk presiden terpilih.

Baca Juga: China Darah Tinggi! AS Siram Bensin di Bara yang Menyala: Siapa pun yang Bermain Api akan Membakar Dirinya Sendiri!

Sebelum berangkat, dia memberi tahu penonton: "Maafkan emosi saya, tetapi ketika saya mati, Delaware akan tertulis di hati saya."

Adapun Garda Nasional yang belum pernah terjadi sebelumnya dan peningkatan keamanan dilakukan pada pelantikan Biden menyusul kerusuhan mematikan pro-Trump awal bulan ini.

Hari Pelantikan 2021 telah dinyatakan sebagai acara keamanan nasional khusus, yang memungkinkan pejabat keamanan kota untuk berkoordinasi dengan lembaga federal seperti FBI dan Dinas Rahasia. (*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Independent

Baca Lainnya