Operasi Militer, Jet Tempur Israel Terbang Rendah di Langit Suriah

Jumat, 25 Desember 2020 | 21:21
IDF

Operasi Militer, Jet Tempur Israel Terbang Rendah di Langit Suriah

Sosok.ID - Israel memang mempunyai angkatan udara paling di takuti di Timur Tengah.

Yang bisa menandingi kekuatan udara Israel hanyalah Mesir.

Meski tak selalu bisa sebanding, setidaknya Mesir bisa melakukan tekanan dalam situasi pertempuran.

Memang hanya Mesir, Iran dan Arab Saudi sekalipun akan kewalahan jika militernya berhadapan dengan Israel.

Baca Juga: Bos Alibaba Jack Ma Kini Sedang Diintai oleh Pemerintah China

Perang Yom Kippur menjadi contohnya.

Walau dikeroyok oleh negara-negara Arab, Israel tetap mampu menunjukkan keefektifan tempur sebagaimana mestinya.

Saat itu kekuatan koalisi Arab dibuat kelabakan oleh manuver terorganisir AU Israel.

Yang paling tragis tentunya deretan jet tempur MiG koalisi Arab harus jadi korban keganasan AU Israel.

Baca Juga: Rizky Febian Buat Lagu Tentang Kerinduan pada Mendiang Ibunda, Sule Akhirnya Baca Diary Milik Lina Jubaedah, Sebut Tulisan Soal Hal Ini: Hal yang Mustahil...

Jet tempur Israel kembali dilaporkan terbang cukup rendah di wilayan udara Beirut, Lebanon, pada Jumat (25/12) pagi. Beberapa penduduk yang sedang merayakan Natal sempat dibuat was-was.

Arab Newsmelaporkan, beberapa saat setelah jet tempur Israel terlihat di Beirut, sebuah ledakan terjadi di kota Masyaf, Suriah tengah. Media Suriah lainnya mengatakan pertahanan udara Suriah mendeteksi serangan Israel di dekat kota di provinsi Hama.

Kementerian Pertahanan Suriah langsung mengeluarkan pernyataan, mengatakan bahwa Israel melancarkan agresi dengan mengarahkan rentetan roket dari utara kota Tripoli di Lebanon menuju daerah Masyaf.
Sampai saat ini belum ada kabar langsung dari Israel terkait penerbangan jet tempur di wilayah Lebanon serta dugaan serangan yang terjadi di Suriah.

Baca Juga: Negara-negara dari Taiwan Sampai Indonesia Harus Bersiap, Tiongkok Kibarkan Bendera Perang di Laut China Selatan dengan Luncurkan Kapal Amfibi Jenis Baru yang Mengerikan

Dalam beberapa tahun terakhir pihak Israel memang mengakui telah melakukan puluhan serangan udara di Suriah. Ledakan yang terjadi pada Natal tahun ini disebut lebih besar dari yang pernah ada sebelumnya.

Dikutip dariArab News, kebanyakan serangan bertujuan untuk menghentikan adanya distribusi senjata yang diduga dilakukan oleh Iran menuju Hizbullah di Lebanon.

Sejalan dengan itu, beberapa bulan terakhir para pejabat terkait di Israel juga mengungkapkan keprihatinannya atas upaya Hizbullah yang diduga sedang membangun fasilitas produksi untuk membuat peluru kendali.

Kota Masyaf yang kali ini diduga menjadi sasaran tembak Israel juga merupakan titik penting bagi rezim Presiden Suriah Bashar Al Assad.

Baca Juga: 8 Tahun Pacaran Berakhir Cuma Jagain Jodoh Orang, Terungkap Alasan Desy Ratnasari Gagal Dipersunting Irwan Mussry, Rupanya Ada Kekurangan yang Jadi Kelebihan Maia Estianty

Bagi Assad, Masyaf merupakan wilayah militer penting karena di dalamnya terdapat akademi militer dan pusat penelitian ilmiah. Tentunya ini merupakan sasaran empuk bagi Israel jika ingin melemahkan Suriah.

Kecurigaan terhadap Israel bukannya tanpa alasan. Kota Masyaf memang telah menjadi sasaran Israel dalam sejumlah serangan di masa lalu.(*)

Artikel ini pernah tayang di Kontan dengan judul "Lintasi langit Lebanon, jet tempur Israel kembali gempur Suriah"

Editor : Seto Ajinugroho

Sumber : kontan

Baca Lainnya