Tak Ada Angin dan Hujan, China Mendadak Perintahkan Warga Timbun Persediaan Darurat, Benarkah Antisipasi Perang Musim Dingin?

Senin, 02 November 2020 | 21:00
THESTAR.COM.MY via BolaStylo

Sejumlah tenaga media di Wuhan, Hubei, berpose dengan membentangkan bendera China di sebuah tempat perawatan yang sudah tanpa pasien Covid-19.

Sosok.ID - China menyerukan kepada para keluarga agar mempersiapkan persediaan darurat musim dingin.

Seruan tersebut disalah artikan sebagian orang bahwa perang akan segera datang.

Namun itu adalah antisipasi yang dilakukan Beijing dalam menghadapi pandemi Covid-19 selama musim dingin mendatang.

Dikutip dari Global Times, Senin (2/11/2020), para ahli militer menepis rumor yang mengatakan seruan ini sebagai bagian persiapan perang.

Baca Juga: Lebih Parah dari China, Vietnam dalam 4 Bulan Terjunkan 21 Kapal Ikan untuk Rongrong Natuna Utara, Nyolot Sejak Kapal Ilegal Tak Ditenggelamkan

Skema "memperluas permintaan domestik dan meningkatkan konsumsi" yang baru-baru ini dirilis oleh Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional (NDRC) memerintahkan kota-kota di China untuk membuat "daftar usulan persediaan darurat untuk keluarga di musim gugur dan musim dingin."

NDRC mengatakan bahwa departemen kesehatan, departemen darurat, dan pengembangan dan komisi reformasi akan bekerja sama untuk membuat daftar persediaan darurat tingkat nasional yang dibutuhkan oleh keluarga.

"Mengingat kemungkinan risiko epidemi di musim gugur dan musim dingin," ungkapnya.

Xue Lan, seorang profesor dan mantan dekan di School of Public Policy and Management dari Universitas Tsinghua di Beijing, kepada Global Times mengatakan bahwa China memiliki mekanisme untuk memobilisasi pasokan dalam keadaan darurat tetapi tidak sistematis.

Baca Juga: Bertekad Bulat-bulat, China Genjot PLA agar Setara Militer AS di Tahun 2027, Xi Jinping Dikhawtirkan Seumur Hidup Jadi Presiden

"Epidemi ini mengingatkan kita pada kekurangan negara kita dalam produksi dan penimbunan pasokan darurat," ungkapnya.

"Kota-kota di China sangat padat penduduknya. Tidak mengherankan melihat bahwa bahan penting tidak dapat diangkut dan didistribusikan segera setelah keadaan darurat," kata Xue.

Wang Hongwei, seorang profesor di Sekolah Administrasi dan Kebijakan Publik Universitas Renmin China mengatakan, China sedang membangun sistem penyimpanan material untuk keadaan darurat, dan persediaan rumah tangga adalah bagian penting dari upaya itu.

Sistem tersebut juga mengharuskan perusahaan untuk memiliki kemampuan produksi tertentu dalam keadaan darurat.

Baca Juga: Janji-janji AS Bertebaran di 5 Negara Asia, Saat Tiba di Indonesia Iming-iming Bakal Tingkatkan Investasi, Takut Kalah dari China?

"Pembangunan sistem tanggap darurat tidak hanya memenuhi kebutuhan dasar keluarga China dalam epidemi COVID-19 tetapi juga bencana alam, dan juga kecelakaan," katanya.

Karena pandemi di wilayah luar China sedang meningkat dan musim dingin akan datang, China tidak dapat mengesampingkan gelombang baru epidemi yang melanda kota-kota.

Menimbun persediaan darurat akan berfungsi sebagai penyangga jangka pendek terhadap epidemi, kata para ahli.

Namun, Wang Guangfa, seorang ahli pernapasan di Rumah Sakit Pertama Universitas Peking, mengatakan bahwa "China tidak akan mengalami penguncian serupa seperti yang dialami Wuhan pada awal Januari."

Baca Juga: Bualan Perang vs China Sia-sia, Senjata Militer Taiwan Sudah Ringsek, Eks Mayor Jenderal Kesal: Mau Perang Pakai Sapu? Beli dari AS Tak Ada Gunanya!

"Penutupan regional mungkin dilakukan, tetapi bukan penutupan seluruh kota," kata Wang, mencatat bahwa "China telah mengumpulkan banyak pengalaman dalam memerangi epidemi Covid-19."

Membangun persediaan darurat adalah salah satu pelajaran terbesar yang dipelajari China dari epidemi Covid-19.

Memobilisasi setiap rumah tangga untuk mencadangkan sejumlah pasokan adalah bagian penting dari sistem persiapan darurat China, kata analis manajemen publik.

Ketika epidemi pertama kali pecah di Wuhan, Provinsi Hubei Tiongkok Tengah, awal tahun ini dan segera melanda kota-kota lain, Tiongkok mengalami masa kekurangan pasokan medis seperti masker.

Baca Juga: Upaya Jegal Kaki China Terus Jalan, Beijing Gemetar AS Dorong Sayap Kanan Radikal Jepang Terlibat Perang di Diaoyu

Pada bulan Februari, pihak berwenang dari Komite Tetap Biro Politik Komite Sentral Partai Komunis China (CPC) menekankan pentingnya meningkatkan produksi dan pasokan bahan pencegahan dan pengendalian medis utama, memperkuat penempatan personel medis dan mengembangkan obat-obatan melawan virus corona baru.

Menanggapi rumor online yang mengatakan mewajibkan keluarga China untuk memesan persediaan di rumah mungkin mengisyaratkan perang yang akan datang untuk menyatukan pulau Taiwan, Song Zhongping, seorang pakar militer China, menepis kemungkinan seperti itu.

"Sangat penting untuk memiliki persediaan keluarga yang diperlukan di masa perang, tetapi perang tidak akan terjadi dalam beberapa tahun ke depan," kata Song.

Baca Juga: Dengan Sangat Yakin China Sebut Upaya AS PDKT dengan India Bakal Sia-sia meski Mereka Tergabung dalam Quad, Ada Apa?

Ia menambahkan bahwa langkah tersebut adalah langkah untuk mengatasi bencana alam dan epidemi, dan cara untuk mengembangkan kesadaran publik tentang keadaan darurat.

Spekulasi perang antara daratan Cina dan pulau Taiwan muncul setelah departemen kepolisian di pulau itu merilis pedoman yang memberitahu orang-orang untuk berlindung di ruang bawah tanah dengan tanda kuning.

Atau memeriksa alamat tempat penampungan secara online jika mereka mendengar sirene serangan udara selama perang.

Selain daftar persediaan keluarga nasional, NDRC menyarankan kota-kota untuk membuat daftar yang disesuaikan dengan kebutuhan lokal.

Baca Juga: Terseok-seok Taiwan Diimingi AS Stabilitas Keamanan malah Jadi 'Sapi Perah', Trump Bakal Gerus China dengan Langkah Lebih Ekstrim dan Ofensif Jika Biden Terpilih

Pada waktu pers, banyak kota termasuk Beijing, Shenzhen di Provinsi Guangdong China Selatan, dan Jinan di Provinsi Shandong, China Timur telah merilis daftar lokalnya.

Persediaan sebagian besar termasuk kotak P3K, senter, air, uang tunai, kartu kredit, dan formulir kontak darurat.

Para pemimpin China telah berulang kali menekankan pentingnya memastikan pasokan kebutuhan sehari-hari yang cukup bagi orang-orang selama epidemi, karena mereka mengatakan stabilitas seperti itu adalah kunci untuk memenangkan perang melawan Covid-19.

Pakar penyakit menular China terkemuka yang berbasis di Shanghai Zhang Wenhong mengatakan hal-hal yang dipersiapkan adalah dasar yang penting untuk bangsa agar mencapai 100 persen pengendalian penyakit menular dan menghilangkannya dalam waktu singkat.

Baca Juga: Sok Jadi Pahlawan di Tengah Gejolak Perang dengan China, AS Rupanya Cuma Jadikan Taiwan Mesin Uang, Jual Senjata Kualitas Pas-pasan?

Persiapan itu meliputi sistem logistik dan pengiriman ekspres China yang kuat, bantuan timbal balik di antara masyarakat, dan penggunaan tim sukarelawan untuk menyediakan air, makanan, dan kebutuhan sehari-hari lainnya kepada orang-orang yang dikarantina di rumah.

Sebelum vaksin dan obat yang efektif untuk virus corona baru ini keluar, intervensi non-medis sangat penting dalam mengekang penyebaran virus, kata Zhang. (*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Global Times

Baca Lainnya