Total 3 Jam Para Wanita Diminta Telanjang di Bandara Internasional Qatar, Picu Ancaman Putus Hubungan Diplomatik dari Australia, Begini Kronologinya!

Rabu, 28 Oktober 2020 | 18:42
Freepik

Ilustrasi Pelecehan Seksual

Sosok.ID - Seorang penumpang wanita memberikan kesaksian mengejutkan saat diperiksa di Bandara Qatar.

Ia telah diminta melucuti pakaian saat berada di Doha, Qatar dalam rangkaian penerbangan menuju Sydney, Australia.

Melansir The New York Times, ia diberi pemeriksaan medis invasif untuk melihat apakah wanita itu baru saja melahirkan bayi atau tidak.

Itu merupakan tindakan dari petugas setelah bayi yang baru lahir ditemukan terlantar di kamar mandi Bandara Internasional Hamad.

Baca Juga: Seribu Akal Kadali Petugas Pajak, Pria Ini 'Ngumpetin' Emas Batangan di Belahan Bokong,Jepit 1,5 Kg Logam Mulia Sampai Tertatih-tatih

Penerbangan Qatar Airways menuju Sydney, Australia, secara misterius terhenti di landasan di Doha selama lebih dari tiga jam ketika sebuah pengumuman menggelegar melalui kabin.

Semua penumpang wanita harus mengambil paspor mereka dan segera turun untuk diperiksa.

Mereka digiring dari pesawat dan diarahkan ke ambulans, di mana, menurut pejabat Australia dan laporan dari beberapa wanita, mereka digeledah dan diberi pemeriksaan medis invasif.

Peristiwa di Doha memicu kemarahan dan ketidakpercayaan pihak Australia. Mereka mempertanyakan perlakuan Qatar terhadap wanita dan mengancam akan merusak hubungan diplomatik antara kedua negara.

Baca Juga: Bak Kurcaci Lawan Raksasa, TKI Indonesia Buktikan Bisa Kalahkan Bos Bandara Internasional Singapura di Persidangan, Awalnya Gegara Dituduh Curi Barang Senilai Rp 368 Juta, Begini Kronologinya!

Di antara wanita yang memberi tahu pejabat Australia bahwa dia telah diperiksa saat transit melalui ibu kota Qatar dengan Penerbangan QR908 adalah seorang perawat Australia berusia 31 tahun yang meminta untuk dipanggil Jessica.

"Saya takut," katanya dalam sebuah wawancara pada hari Senin (26/10).

Jessica kebingungan dengan perlakuan petugas bandara karena ia tak diberitahu tentang apa yang terjadi, dan untuk apa pemeriksaan itu dilakukan.

“Kami semua, seperti, 'Bisakah seseorang memberi tahu kami apa yang terjadi?'”

“Yang dia (petugas) katakan hanyalah, 'Seorang bayi telah ditemukan di tempat sampah, dan kami perlu menguji kamu.'”

Baca Juga: Balas Dendam, Militer India Semakin Pecundangi China dengan Gelar Latihan Perang Besar-besaran Bersama Jepang. Australia dan AS

Pemeriksaan itu tepatnya terjadi pada 2 Oktober, tetapi pengalaman para wanita itu baru diketahui publik setelah stasiun berita Australia, Channel 7, menyampaikan kabar tersebut akhir pekan ini.

Menanggapi hal itu, pemerintah Australia pada hari Senin meminta jawaban dari Qatar Airways.

"Pemerintah Australia sangat prihatin atas perlakuan yang tidak dapat diterima terhadap beberapa penumpang wanita dalam penerbangan Qatar Airways baru-baru ini di Bandara Doha," kata pihak berwenang dalam sebuah pernyataan.

Pemerintah menyebut perlakuan penumpang sebagai "menyinggung, sangat tidak pantas, dan di luar keadaan di mana wanita dapat memberikan persetujuan tanpa paksaan."

Baca Juga: Kadung Telanjang Tanpa Sehelai Benang dengan Lekuk Tubuh Menggoda, Nikita Mirzani Kaget Pria di Depannya Kuat Iman: Laki Lain Gue Udah Disergap

Kasus tersebut telah dirujuk ke Polisi Federal Australia, yang mengatakan mereka mengetahui masalah itu dan tidak akan berkomentar lebih lanjut.

Qatar Airways tidak dapat segera dihubungi untuk dimintai komentar. Bandara Internasional Hamad mengatakan bayi baru lahir yang ditemukan telah dirawat tetapi tetap tidak teridentifikasi.

Mengenai pemeriksaan medis, juru bicara bandara mengatakan: “Para profesional medis menyatakan keprihatinannya kepada pejabat tentang kesehatan dan kesejahteraan seorang ibu yang baru saja melahirkan dan meminta agar dia ditempatkan sebelum berangkat ke bandara H.I.A.

"Individu yang memiliki akses ke area spesifik bandara tempat bayi yang baru lahir ditemukan diminta untuk membantu dalam pertanyaan. "

Baca Juga: Kronologi Lengkap Dosen Cantik yang Ditemukan Tewas Tanpa Busana

Heather Barr, pengacara dan salah satu direktur hak-hak perempuan di Human Rights Watch, berkata: "Saya belum pernah menemukan hal seperti ini sebelumnya."

"Pemeriksaan ini bisa dianggap sebagai pelecehan seksual," tambahnya.

Menurut Barr, melakukan pemeriksaan invasif pada lusinan wanita adalah "cara yang sangat aneh dan kejam" untuk menemukan dan membantu ibu baru yang membutuhkan.

“Ini bukan cara yang tepat untuk mendapatkan bantuan untuk bayi atau ibunya,” kata Ms. Barr.

Pada konferensi pers pada hari Senin di Canberra, Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne, mengatakan bahwa pejabat pemerintah pertama kali diberi tahu tentang insiden tersebut oleh penumpang dalam penerbangan dari Doha.

Baca Juga: Pulang ke Rumah, Pria Ini Pergoki Istrinya yang Merupakan PSK Telanjang di Depan Temannya Sendiri, Hal Tak Terduga Terjadi

"Ini adalah rangkaian peristiwa yang sangat, sangat mengganggu, dan mengganggu," kata Payne.

"Ini bukanlah sesuatu yang pernah saya dengar terjadi dalam hidup saya dalam konteks apa pun."

Payne menyebut pejabat Qatar telah mengindikasikan bahwa mereka akan memberikan laporan tentang insiden tersebut, dan setelah dia meninjau detailnya, pemerintah Australia akan menentukan langkah selanjutnya.

Diketahui, penerbangan QR908 terhenti di landasan pada malam hari ketika belasan wanita Australia, serta wanita dari negara lain, dikeluarkan dari pesawat, menurut Wolfgang Babeck, penumpang lain.

Baca Juga: Pulang-pulang Dengar Suara Lelaki, Tanpa Tedeng Aling-aling Pria Ini Langsung Sabet Tetangganya Pakai Celurit Usai Pergoki sang Istri Telanjang Sambil Berduaan dengan Korban di Kamar

"Saya pribadi merasa ini mengganggu," kata Dr. Babeck, seorang profesor hukum yang kembali ke Australia setelah mengunjungi ayahnya yang sakit di Jerman, pada hari Senin.

Ketika mereka kembali, kata Dr. Babeck, banyak yang tampak "terguncang," dan yang lainnya menangis.

"Semua orang, tentu saja, sangat ingin pulang," tambahnya.

Setidaknya 13 wanita berasal dari Australia, menurut laporan yang diberikan wanita tersebut kepada pemerintah Australia.

Beberapa penumpang dalam penerbangan yang sama menyatakan bahwa, berdasarkan informasi yang diberikan kepada mereka oleh polisi, pesawat mereka mungkin bukan satu-satunya pesawat tempat perempuan dipaksa untuk mengikuti ujian invasif.

Baca Juga: Kepergok Selingkuh, Pria Ini Merengek Minta Maaf saat Diarak Telanjang oleh Istri, Pantatnya Jadi Tontonan Seantero Kota

Kejadian di Doha menyoroti perlakuan yang keras terhadap perempuan di negara di mana disparitas dan penindasan gender yang sistemik adalah hal biasa, dan di mana melakukan hubungan seks atau hamil di luar nikah adalah ilegal.

Wanita lokal yang dituduh melakukan kejahatan seperti itu, yang dikenal sebagai "zina", dapat dipenjara.

Kepala eksekutif Qatar Airways, Akbar Al Baker, dituduh melakukan seksisme pada 2018 ketika dia mengatakan bahwa perempuan tidak mampu melakukan pekerjaannya karena itu "sangat menantang." Dia kemudian meminta maaf.

Hal itu juga menimbulkan pertanyaan apakah wanita asing yang melakukan perjalanan melalui bandara di Qatar secara hukum dapat tunduk pada undang-undang yang sama, dan prosedur invasif dan berpotensi nonkonsensual, kata para ahli.

Baca Juga: Istri Tanpa BusanaLewat Saat Presenter TV Sedang Siaran Virtual dengan Eks Capres, Politikus Itu Terbahak: Ada yang Berjalan Telanjang di Belakangmu

Jessica dan setidaknya satu wanita lain diminta berbaring di atas meja ambulans dan melepas pakaian dalam mereka.

Ambulans tempat dia berada memiliki jendela tanpa tirai, katanya, dan lebih dari selusin pria berdiri di luar. Pengalaman tak menyenangkan itu berlangsung sekitar 15 hingga 20 menit.

“Itu sangat invasif dan saya ketakutan,” katanya.

“Saya masih tidak tahu apa yang terjadi.”

“Saya ingat berbaring di sana. Saya pikir saya kaget tapi saya berpikir, 'Ini tidak benar. Ini bukanlah apa yang harus dilakukan.'"

Dia mengatakan telah diberitahu bahwa wanita yang lebih tua diarahkan ke ambulans lain telah menekan perut mereka.

Baca Juga: 4 Kaki Mencuat dari Semak-semak, Viral Video Nenek Gebuk Pantat Telanjang yang Bercinta di Antara Rumput, Melenggang Santai Penuh Kemenangan

Sebagai seorang profesional kesehatan, Jessica mengatakan bahwa aksi yang diterimanya bukan hal yang benar, dan bahwa pengalaman itu membuatnya sangat terguncang.

Setelah kembali ke Sydney, dia dan beberapa wanita lain bertukar nomor telepon dan memulai grup WhatsApp, menyadari bahwa mereka perlu mengatur dan mencari semacam keadilan.

Mereka memberi tahu Polisi Federal Australia dan pihak berwenang.

Jessica mengatakan pernyataan dari Qatar Airways bahwa mereka belum menerima keluhan dari para wanita itu tidak akurat.

"Mereka sangat menyadari betapa kesalnya kami karena hal itu. Kami ngeri," tandasnya. (*)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : The New York Times

Baca Lainnya