Jejak 'Bumi Hangus' Milisi Pro-Jakarta Jegal Kemajuan Ekonomi Timor Leste, Bekas Timor Timur Masih Terseok 2 Dekade Pasca Referendum

Selasa, 27 Oktober 2020 | 12:00
Freepik via Intisari

Ilustrasi Timor Leste.

Sosok.ID- Referendum 1999, telah menyebabkan Timor Timur lepas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bumi Lorosae memilih menentukan nasibnya sendiri dengan membentuknegara bernama resmi Republik Demokratik Timor Leste.

Namun 2dekade usai lepas dari Indonesia, Timor Leste masihterseok membangun perekonomian negaranya.

Melewatibanyak masa krisis, kemajuan ditunjukkan Timor Leste dalam mencapai perdamaian dan stabilitas.

Baca Juga: Dulu Lantang Katai Indonesia Pembantai, Pejabat Fretilin kepada Media Arab Puji Setinggi Langit NKRI Usai Dukung Timor Leste Raih Hal Ini: RI Supporter Terbesar Kami

Timor Leste juga membangun lembaga demokrasi, memperluas layanan publik hingga menjangkau daerah pedesaan dan terpencil, serta meningkatkan infrastruktur dasar seperti listrik, jalan, dan fasilitas lainnya.

Namun, Timor Leste masih menghadapi banyak tantangan. Salah satunyaadalah membangun fondasi pembangunan ekonomi berkelanjutan.

Rupanya, sisa-sisa 'bumi hangus' milisi pro-integrasi atau pro-Jakarta usai referendum kemerdekaan menjadi salah satu yang membuat Timor Lestesibuk, menghambat fokusnya dalam hal lain.

Bagaimana bisa?

Baca Juga: Timor Leste Dianggap Masih Empot-empotan Sejahterakan Rakyat Pasca Merdeka dari NKRI, Ternyata Segini Pendapatan Pekerja di Bumi Lorosae

Melansirlowyinstitute.org(17/9/2019), Selama 15 tahun terakhir, ketergantungan pada minyak telah menjadi ciri utama perekonomianTimor Leste.

Meski dalam tren menurun, minyak bumi masih menyumbang lebih dari 40% dari keseluruhan PDB Timor Leste pada tahun 2017, dan lebih dari 90 persen dari total ekspor.

Di luar minyak bumi, sektor publik mendominasi, dengan konsumsi pemerintah dan investasi modal mencapai lebih dari seperempat PDB non-minyak.

Sebaliknya, pangsa sektor produktif seperti pertanian dalam PDB keseluruhan menurun dari 24% pada tahun 2000 menjadi 9,2% pada tahun 2016.

Baca Juga: Soeharto Jadi Bahan 'Gosip' Filipina karena Unjuk Bahasa Tubuh Menghebohkan Saat Bicarakan Pelepasan Timor Timur

Sementara itu, pariwisata yang diharapkan memainkan peran penting dalam penciptaan lapangan kerja dan pendapatan, masih dalam tahap paling awal pembangunan.

Perjalanan hanya menyumbang 1,1% dari total ekspor barang dan jasa.

Demikian pula, manufaktur hampir tidak terlihat dalam struktur ekonomi saat ini.

Permintaan yang meningkat dalam konsumsi domestik dipenuhi oleh barang dan jasa impor, yang membuat industri dalam negeri semakin sulit untuk muncul.

Baca Juga: Diundang kePentagon, PrabowoBanjir Kecaman Amnesti Internasional dan 6 Kelompok HAM atas Tragedi98 serta Perang Timor Timur

Profil demografis negara juga menciptakan tekanan ekonomi, karena 70% penduduknya berusia di bawah 30 tahun.

Secara struktural, perekonomian tidak dapat mengatasi permintaan akan pekerjaan dan tingginya proporsi kaum muda.

Pekerjaan masih didominasi oleh pertanian subsisten, sumber mata pencaharian bagi lebih dari 70% penduduk di luar Dili.

Negara tidak dapat bergantung pada ekonomi domestik untuk membiayai kegiatannya, tantangan yang diakui secara luas oleh para politisi negara.

Baca Juga: Dulu Ngotot Tentukan Nasibnya Sendiri, Kini Timor Leste Jadi Negara dengan Kelaparan Terburuk di Dunia, Hanya Kalah dari Negara di Tengah Gurun Sahara

Minyak bumi terus memberikan sekitar 85% pendapatan dan pengeluaran tahunan.

Pendapatan dalam negeri menyumbang kurang dari 20% belanja negara.

Padahal, berbagai bidang seperti pertanian, pariwisata, dan manufaktur,menjadi cara yang diharapkan menjadi mesin untuk pertumbuhan jangka panjang dan penciptaan lapangan kerja, mempersiapkan masa depan Timor Leste yang mandiri.

Ketika bidang-bidang tersebut harusnya mendapat fokus lebih untukmenjamin masa depan Timor Leste, pemerintah Timor Leste masih disibukkan dengan sektor infrastruktur.

Baca Juga: Diramal Bangkrut Tahun 2027, Timor Leste Mentah-mentah Tolak Disebut Termiskin di Dunia, Sosok Ini Beber Kondisi Ekonomi Negaranya

Memang infrastruktur juga penting, namun jejak 'bumi hangus' di masa lalu membuat Timor Leste harus lebih bekerja keras, di mana 80% dari infrastruktur dasar dihancurkan oleh milisi pro-Jakarta, dengan dukungan militer Indonesia, setelah referendum kemerdekaan tahun 1999.

Sehingga, dari miliaran dolar yang diinvestasikan oleh donor internasionalpada tahun-tahun berikutnya, sebagian besar telah digunakan untuk menutupi biaya administrasi lembaga bantuan internasional.

Sementara itu, kebutuhan masyarakat terhadap infrastruktur dasar terusmeningkat, seperti terlihat dalam berbagai survei opini publik.

Memang, investasi pemerintah di bidang infrastruktur telah membawa beberapa dampak positif, sejauh pertumbuhan jangka pendek.

Baca Juga: Ngotot Lepaskan Diri, Timor Leste Surati Indonesia Butuh Bantuan Medis, KRI dr Soeharso 990 dan Kapal Perang RS Level III Dikirim RI ke Bumi Lorosae

Sekitar 80 persen dari total penduduk, misalnya, memiliki akses listrik.

Perbaikan penting lainnya terjadi pada pembangunan jalan, yang membantu orang-orang membawa produk ke pasar dan mengurangi biaya transportasi. Ini juga menghasilkan pekerjaan sementara di sektor bangunan.

Namun, tantangan ekonomi yang dihadapi negara memiliki penyebab yang lebih dalam.

Meskipun sektor minyak bumi memberikan sebagian besar pendapatan negara, itu tidak menimbulkan dampak sekunder bagi ekonomi lokal, dan tidak mendorong pertumbuhan di sektor swasta domestik.

Kebanyakan kegiatan sektor swasta kecil dan belum matang, sangat bergantung pada pengeluaran pemerintah, dan terkonsentrasi di Dili.

Baca Juga: Timor Leste Tuding Bank Mandiri dan BRI sebagai Pembunuh Ekonomi Negaranya, Jose Ramos Horta: Kenapa yang Seperti Itu Dipilih?

Di luar ibu kota, pertanian masih menjadi kegiatan ekonomi yang dominan.

Satu-satunya cara agar minyak bumi berdampak pada ekonomi domestik adalah melalui belanja negara, yang memberikan tekanan pada pemerintah dalam hal kebijakan fiskal.

Meskipun pengeluaran pemerintah dapat merangsang konsumsi domestik, permintaan konsumen hampir seluruhnya dipenuhi oleh barang dan jasa impor.

Selain itu, warisan kolonialisme, pendudukan, dan konflik selama berabad-abad terus mempengaruhi dinamika kekuasaan formal dan informal, administrasi publik, pengaturan kelembagaan, dan modal manusia.

(Khaerunisa)

Artikel ini telah tayang di Intisari-online.com dengan judul "Dua Dekade Merdeka, Jejak 'Bumi Hangus' Milisi Pro-Jakarta yang 'Dibekingi' Militer Indonesia di Bumi Lorosae Bikin Uang Minyak Timor Leste Terus Menguap Tak Berjejak"

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Intisari Online

Baca Lainnya