Sindiran atau Pujian? Ahok Komentari Pemugaran Monas yang Dilakukan Anies Baswedan, Disamakan dengan yang Ada di AS, BTP: Ide Babat Pohon Untuk Upacara Itu Bagus Juga

Senin, 29 Juni 2020 | 08:13
Kompas.com (FIKRIA HIDAYAT/KRISTIANTO PURNOMO-RODERICK ADRIAN MOZES)

Sindiran atau Pujian? Ahok Komentari Pemugaran Monas yang Dilakukan Anies Baswedan, Disamakan dengan yang Ada di AS, BTP: Ide Babat Pohon Untuk Upacara Itu Bagus Juga

Sosok.ID - Jakarta kembali berbenah di bawah kepemimpinan Anies Baswedan.

Beberapa titik di Ibu Kota itupun kini disulap oleh matan Menteri Pendidikan di periode pertama kepemimpinan Joko Widodo jadi Presiden.

Salah satu yang kentara adalah pemugaran Monumen Nasional (Monas) yang menjadi Ikon Jakarta bahkan Indonesia.

Namun pemugaran di Monas ini sempat terjadi polemik saat banyak kritikan lantaran ada pembabatan pohon yang telah tumbuh berpuluh-puluh tahun di sana.

Baca Juga: Rumor Kematian Kim Jong Un Kembali Mencuat, Jepang Klaim sang Diktaktor Korea Utara Mungkin Sudah Tumbang karena Pandemi Virus Corona

Meski demikian, pemugaran di salah satu bangunan bersejarah Republik Indonesia itupun masih berlanjut hingga kini.

Bahkan Monas juga sempat jadi perbincangan saat dipilih sebagai tuan rumah ajang balap jet darat tingkat internasional.

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok memuji revitalisasi Monas yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pujian itu disampaikan Ahok dalam siaran langsung Instagram @kickandyshow, Sabtu (27/6/2020) malam.

Baca Juga: Jadi Perbincangan Ilmuwan Tambang di Seluruh Dunia, WNI Ini Dapat Hak Paten di AS Setelah Rubah Batubara Jadi Pupuk, Indonesia Patut Bangga!

"Karyanya juga bagus juga, yang Monas juga bagus jadi hadap upacaranya juga bagus, dulu kan tersembunyi, sekarang dia menghadap langsung nampak, bagus juga itu," kata Ahok dalam siaran tersebut.

"Ide babat pohon untuk tempat upacara itu bagus juga," ucap dia lagi.

Kalimat terakhir Ahok sempat membuat Andy Noya selaku pembawa acara meragukan pujian tersebut karena bernuansa menyindir.

Namun, Ahok meyakini bahwa perkataanya itu sebagai pujian bagi Anies.

Baca Juga: Nyesek Sampai ke Ubun-ubun! Mobil Mewah Senilai Rp 3,8 M Ini Baru Dipakai 20 Menit Langsung Mogok, Mesin Belum Nyala Malah Ditabrak Sampai Ringsek

Ahok menjelaskan, apa yang dilakukan Anies hasilnya akan seperti White House di Washington DC.

"Orang upacara melihat langsung Monas itu kan bagus juga, kayak di Washington, jadi langsung menghadap monumen, langsung sumbunya pas," ujar Ahok.

Adapun Ahok saat ini masih menjabat sebagai komisaris utama Pertamina di tengah perombakan direksi dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) pada 12 Juni 2020.

Sebagaimana diketahui, Ahok pernah menjadi pasangan Jokowi saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada 2012 hingga 2014 lalu.

Baca Juga: Kisah Guru Supraptiningsih, Dipecat Tak Hormat Oleh Bupati Tulungagung, Didenda Rp 10 Juta dan Dipenjara 10 Bulan Kini Menang Kasasi di Tingkat MA

Saat itu keduanya digadang-gadang sebagai pasangan ideal memimpin Jakarta.

Namun, pada 2014, Ahok yang saat itu Wakil Gubernur, naik jabatan menjadi Gubernur ketika Jokowi terpilih sebagai Presiden.

Baca Juga: Ngeluh Sakit dan Susah Bernapas, Ternyata Ada Gigi yang Bersarang di Hidung Bocah Ini, Terungkap Kejadian 4 Tahun Silam yang Jadi Penyebabnya

Tapi di akhir masa jabatan, Ahok tersangkut kasus penistaan agama yang menyeretnya dipenjara selama 20 bulan di Mako Brimob, Depok.

(Jimmy Ramadhan Azhari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ahok Sebut Revitalisasi Monas Garapan Anies Hasilnya Bakal seperti di Washington"

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya