Sudah Ancang-ancang! Moncong Artileri Korea Utara Terbuka ke Arah Selatan, Seoul Wajib Bersiap karena Sewaktu-waktu Perang Bisa Diledakkan

Senin, 22 Juni 2020 | 19:42
KRT

Foto latihan artileri terbesar Korea Utara pada tahun 2017, yang disebut

Sosok.ID - Korea Utara dan Korea Selatan menjadi salah satu 'pasangan' negara yang menunjukkan ketegangan belakangan ini.

Dunia internasional memang belakangan diwarnai dengan memanasnya hubungan antara beberapa negara.

Terkait Korea Utara dan Korea Selatan, nampaknya kedua negara ini terus saling waspada sekaligus menebar ancaman.

Baca Juga: Dijadikan Tempat untuk Menyembunyikan Kapal Selam Bersenjata Nuklir, Titik Terlemah Pangkalan Rahasia Angkatan Laut Korea Utara Dibongkar Pengamat AS : Hancurkan Itu dan Semua yang Ada di Dalamnya Jadi Sia-sia

Militer Korea Selatan sedang mengamati dengan seksama dua artileri Korea Utara di wilayah perbatasan Gaemori.

Sebab, moncong artileri itu tampak terbuka, memunculkan kekhawatiran senjata tersebut bisa digunakan.

"Tapi, (moncong artileri) itu adalah kegiatan yang sering dibuka dan ditutup oleh militer Korea Utara. Ada kemungkinan moncong terbuka untuk menghilangkan kelembaban atau untuk pekerjaan ventilasi," ujar sumber Kantor Berita Yonhap di Pemerintah Korea Selatan.

Baca Juga: Kemarahan Kim Jong Un Sudah ke Ubun-ubun, Korut Bakal Gempur Seoul Sekeras Mungkin

Selain itu, Korea Utara juga terus mengirim tentara dalam kelompok kecil ke pos-pos penjagaan perbatasan di Zona Demiliterisasi yang memisahkan dua negara, di tengah kekhawatiran Pyongyang mewujudkan ancaman aksi militernya terhadap Korea Selatan.

Sumber itu mengatakan, Korea Utara mengirim kelompok kecil hingga lima tentara dengan sekop dan sabit ke pos penjagaan dan kotak pengintaian untuk melakukan pembersihan semak-semak dan pemeliharaan jalan di perbatasan di Zona Demiliterisasi.

Sebelumnya, Korea Utara mengancam akan memindahkan pasukan ke kompleks industri bersama yang sekarang tutup di kota perbatasan Kaesong dan zona wisata Gunung Kumgang di pantai Timur, serta mengembalikan pos penjaga perbatasan yang dihapus berdasarkan Kesepakatan 2018.

Baca Juga: Siap Tempur, Pyongyang Lebih Pilih Kirimkan Tentara ke Zona Demiliterisasi untuk Tekan Korsel

Tanda tidak biasa

"Pos penjagaan dan kotak pengintaian jelas merupakan fasilitas untuk keperluan militer," kata sumber itu, Ahad (21/6).

"Jadi, wajar kalau ada gerakan militer di balik itu (pengiriman tentara untuk pembersihan semak-semak). Tapi, kami terus mengawasi mereka".

Menurut sumber itu, militer Korea Selatan percaya, kegiatan yang dilakukan setidaknya oleh sejumlah pasukan Korea Utara tingkat pleton bisa dilihat sebagai tanda yang tidak biasa yang membutuhkan perhatian khusus.

Baca Juga: Lebih Kejam dari Sang Kakak, Adik Kim Jong Un Ledakkan Kantor Penghubung Sebagai Tanda Perang Korea Utara dan Selatan Kembali Dimulai: Tidak Lama Lagi Adegan Tragis Terjadi...

Hanya, sumber itu menambahkan, belum ada kegiatan yang terlihat terkait dengan pemulihan pos penjaga yang dihapus berdasarkan Perjanjian Militer Komprehensif Korea, yang ditandatangani pada September 2018 untuk mengurangi ketegangan perbatasan.

Irish Sun
Irish Sun

Militer Korea Utara

Ketegangan antara kedua Korea memuncak ketika Korea Utara awal pekan lalu menghancurkan kantor penghubung antar-Korea yang ada di Kaesong dan mengeluarkan peringatan aksi militer terhadap Korea Selatan.

Namun, militer Korea Selatan juga memperingatkan, mereka akan merespons dengan kuat seandainya Korea Utara melancarkan provokasi militer.

Korea Selatan bilang, Korea Utara bakal membayar mahal aksi militer mereka.

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Memanas, moncong artileri Korea Utara dalam posisi terbuka ke arah Korea Selatan

(Editor: SS Kurniawan)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Kontan.co.id

Baca Lainnya