Skandal Xi Jinping Akibat Putrinya Palsukan Nama Saat Belajar di Amerika, Perangai Anak Presiden China Bikin Geleng-geleng Kepala

Minggu, 14 Juni 2020 | 14:00
news.com.au via nzherald.co.nz

Putri Presiden Cina Xi Jinping, Xi Mingze.

Sosok.ID- Umumnya, putra Presiden akan disorot gerak-geriknya oleh dunia.

Terlebih jika dia merupakan anak Presiden dari negara berpengaruh besar seperti China, atau Amerika Serikat.

Tidak seperti anak pemimpin negara adikuasa lainnya, misalnya Ivanka Trump atau Malia dan Sasha Obama yang sering disorot dan dikenali dunia.

Tahukah anda tentang putri dari Presiden Xi Jinping?

Baca Juga: Xi Jinping Patut Ketar-ketir, Rudal Balistik hingga 520 Kg Plutonium India Siap Gebuk Militer China, Kekuatannya Bahkan Digadang Setara dengan AS dan Rusia

Hanya sedikit yang bisa diketahui dari putri Presiden China Xi Jinping, Xi Mingze.

Selain beberapa detail biografi dasar, sangat sedikit yang mengenal anak kesayangan Xi Jinping dari istri keduanya, Peng Liyuan itu.

Melansir nzherald.co.nz (13/6/2020), informasi kecilyang diwartakan tentangXi Mingze adalah seorang wanita 27 tahun yang lahir pada 27 Juni 1992, dan belajar bahasa Prancis di sekolah menengahnya.

Selain itu, ia dujuluki 'Xiao Muzi' oleh sang kakek, revolusioner Komunis dan mantan pejabat negara Xi Zhongxu.

Baca Juga: Giliran Taiwan Perlihatkan Taringnya, Tembakan Rudal Anti Pesawat Agar Militer China Paham Arti Menjaga Kedaulatan

Julukan itu menggambarkan bahwa putri presiden China itu 'sebagai orang yang tidak bersalah dan sopan yang berguna bagi masyarakat'.

Menurut profil singkat di surat kabar Taiwan pada 2012, Xi Mingze dikenal sebagai gadis yang sederhana dan sukses bergaul, berhitung, membaca, fashion, merupakan beberapa hobinya.

Sangat terbatas informasi tentang Xi Mingze, karena sang ayah dengan giat melindunginya dari mata dunia seperti halnya Vladimir Putin terhadap putri-putrinya.

Disebut sang pemimpin Tiongkok sering menggunakan kekuatan sensor internet yang luas dari kediktatoran komunis.

Baca Juga: Xi Jinping Tawarkan Sogokan Kepada Filipina Terkait Konflik Teritori Laut Kedua Negara

Namun, ada salah satu ceritamenarik tentang putri Xi Jinping itu ketika menempuh pendidikan di universitas terkemuka Amerika.

Xi Mingze disebut melakukan perjalanan ke AS pada 2010 untuk belajar di Universitas Harvard di Massachusetts dengan nama samaran.

Sekitar dua tahun berjalan, akhirnya identitas Putri Presiden China itu terungkap.

Pada 2012, banyak orang yang mendengarnya.

Baca Juga: Gunakan Taktik Prajuri Serigala, China Bisa Seret Negara Sekutu Dalam Perang Dinginnya dengan AS, Analis: Perang Dingin AS-China Memiliki Kompetisi Penuh...

The Washington Post pertama kali melaporkan pada bulan Mei tahun itu bahwa ia adalah seorang sarjana di sekolah Ivy League yang bergengsi, tetapi memasukkan beberapa detail lainnya kecuali bahwa kehadirannya 'rendah' dan bahwa 'sesama siswa menggambarkan [dia] rajin belajar dan bijaksana' .

Cerita itu mencatat bahwa dia telah menghadiri diskusi tentang 'keributan politik yang mengguncang Partai Komunis China yang berkuasa'.

Dalam diskusi yang dihadiri Xi Mingze, sarjana-sarjana wanita yang rendah hati dengan kepentingan langsung pada hasil, duduk mendengarkan dengan penuh perhatian dari deretan atas ruang kuliah.

Baca Juga: Xi Jinping Panas Dengar Seterunya Gelar Latihan Perang Terbesar, China Nekat Kirim Jet Tempur Putari Wilayah Taiwan, Ini Reaksi Penentang Tiongkok!

Belakangan di tahun yang sama, seorang jurnalis dari Mail on Sunday Inggris berhasil melacak beberapa orang yang mengenal Xi Mingze, dan menerbitkan sebuah cerita singkat disertai dengan foto dirinya yang muncul di Facebook.

"Dia seorang kutu buku, sangat pendiam dan rajin belajar," kata salah seorang kenalannya, seorang penulis Cina, kepada surat kabar itu.

Dia dikatakan mengabdikan diri untuk studinya, menghindari gaya hidupglamor dari mahasiswa Harvard Cina yang lain, Bo Guagua, putra politisi Tiongkok Bo Xilai.

Cerita itu berisi beberapa detail menarik, tetapi dianggap sebagai bom di media sosial Cina.

Baca Juga: Mantan Tentara China Bocorkan Rencana Rahasia Pemerintahan Xi Jinping, Terkuak Ambisi Besar Beijing Kuasai Asia

Sebuah foto artikel tersebut dibagikan secara luas di Weibo, berhasil lolos dari sensor untuk beberapa waktu karena diunggah dalam bentuk gambar alih-alih teks.

Layanan pemantauan Universitas Hong Kong, Weiboscope, melaporkan bahwa gambar itu akhirnya dilarang karena menimbulkan skandal.

Pasalnya, muncul pertanyaan canggung tentang bagaimana Presiden Cina, dengan gaji resmi sekitar $ 20.189, dapat menyediakan ratusan ribu dolar untuk mengirim putrinya ke salah satu universitas termahal di dunia.

Baca Juga: Rapat Pleno PLA Army China : Presiden Xi Jinping Nyatakan Beijing Siap Sedia Berperang Melawan Siapapun!

Setelah keributan itu, Xi Mingze, yang belajar psikologi dan bahasa Inggris, lulus dengan gelar Bachelor of Arts pada 2014 dan kembali ke Beijing.

Menurut koresponden Asahi Shimbun, Kenji Minemura, yang menghadiri upacara pembukaannya, selama di Harvard, identitas aslinya hanya diketahui oleh segelintir dosen dan teman dekat.

Pada 2015, ia tampil di depan umum bersama orang tuanya sejak ayahnya berkuasa pada 2013, di desa terpencil Yanan di Liangjiahe, provinsi Shaanxi, untuk menawarkan salam Tahun Baru Imlek kepada penduduk setempat, First Post melaporkan.

Baca Juga: Titah Xi Jinping untuk Militer China Siaga Perang Bikin Tiga Negara Ketar-ketir, Apakah Lawannya AS, India, atau Taiwan?

Selain momen tersebut, umumnya Xi Mingze tidak menonjolkan diri.

Sedikit cerita lain dari Xi Mingze yang dikenal sebagai gadis sederhana dan suka bergaul, datang dari tahun 2008, saat ia berusia 16 tahun.

Saat itu ia meminta cuti dari sekolahnya untuk menghabiskan satu minggu membantu upaya bantuan bencana dan merawat para korban selamat.

Hal ini diungkapkan sang ibu kepada media.

Baca Juga: Kokang Senapan! Xi Jinping Perintahkan Militer China Agar Bersiap Menyongsong Konfrontasi Bersenjata

Ditanya apakah dia khawatir tentang keselamatan putrinya, Peng mengatakan: "Ketika gempa bumi merenggut begitu banyak nyawa dan memicu bencana besar,

"Putri saya harus pergi ke garis depan untuk membantu. Selama tujuh hari sebagai sukarelawan, dia bekerja keras dan tidak pernah mengeluh.

"Dia banyak belajar dan juga berteman dengan banyak orang lokal. Dia mengatakan orang-orang di Sichuan baik, kuat, dan baik hati."

Dikatakan, bahwa Xi Mingze dikelilingi oleh pengawal Tiongkok 24 jam sehari, dan privasinya pun dijaga ketat.

Artikel ini telah tayang di Intisari dengan judul: Sudah Pakai Nama Samaran, Putri Presiden China Ini Ketahuan Kuliah di Kampus Beken di AS, Ayahnya Langsung Tertampar Skandal

(Khaerunisa)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Intisari Online

Baca Lainnya