Follow Us

Xi Jinping Tawarkan Sogokan Kepada Filipina Terkait Konflik Teritori Laut Kedua Negara

Seto Ajinugroho - Sabtu, 13 Juni 2020 | 19:13
Xi Jinping Tawarkan Sogokan Kepada Filipina Terkait Konflik Teritori Laut Kedua Negara
Xinhua

Xi Jinping Tawarkan Sogokan Kepada Filipina Terkait Konflik Teritori Laut Kedua Negara

Sosok.ID - Xi Jinping mendadak menelpon Presiden Filipina Rodrigo Duterte.

Xi yang melakukan panggilan telepon pada Kamis (11/6/2020) malam membuat pemerintah Filipina sedikit terkejut.

Lantas ada gerangan apa?

Pengamat percaya, pendorong keputusan Duterte memperpanjang pakta pertahanan dengan AS adalah kekhawatiran domestik yang meningkat atas kegiatan China di Laut Cina Selatan.

Baca Juga: Bak Psikopat yang Hati Nuraninya Sudah Amblas, Pria Ini Malah Asyik Ngopi Usai Gorok Leher Ibunya Sendiri hingga Tewas, Sambil Akting Sedih Adukan Jasadnya ke Tetangga

Tapi, percakapan telepon Kamis malam antara Xi dan Duterte berfokus pada perang melawan virus corona baru.

Keduanya berjanji untuk bekerjasama memerangi penyakit Covid-19.

Melansir South China Morning Post, Istana Kepresidenan Filipina, Jumat (12/6), mengatakan, China berjanji untuk menjadikan Filipina penerima prioritas dari vaksin apa pun yang mereka kembangkan.

Selain itu, menurut Istana Kepresidenan Filipina, Duterte akan menerima "dukungan penuh" Xi dalam menyelesaikan proyek infrastruktur prioritas. Kedua belah pihak mencatat peningkatan kerjasama bilateral.

Baca Juga: Giliran Taiwan Perlihatkan Taringnya, Tembakan Rudal Anti Pesawat Agar Militer China Paham Arti Menjaga Kedaulatan

Sementara Kementerian Luar Legeri China menyatakan, Duterte berjanji "untuk menjadi teman abadi Tiongkok dan tidak akan membiarkan siapa pun mengeksploitasi Filipina untuk kegiatan anti-China".

Percakapan telepon itu mengikuti putaran balik Duterte yang mengejutkan minggu lalu ketika ia membalikkan sebuah keputusan, yang dia umumkan pada Februari, untuk mengakhiri perjanjian militer dengan AS.

Source : kontan

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest