Akun Facebook dengan Profil TNI AD Tuding Presiden Jokowi Mirip PKI, Para Tentara Berang, Ternyata Ini yang Terjadi!

Senin, 08 Juni 2020 | 15:00
Kolase Twitter @yostanabe88

Akun Facebook palsu ini menggunakan foto milik anggota TNI dan melakukan ujaran kebencian

Sosok.ID - Dewasa ini, banyak sekali masyarakat yang berlindung dibalik akun bodong hanya untuk menghina-hina penguasa.

Parahnya, terkadang muncul oknum-oknum tak bertanggung jawab yang menggunakan potret orang lain di akun bodong tersebut.

Kendati demikian, sosok dibalik akun bodong masih bisa dilacak keberadaannya.

Belum lama ini sebuah akun Twitter mengunggah tangkap layar akun Facebook.

Baca Juga: Luar Biasa! Meski Yatim Piatu Putra Asli Papua Ini Berhasil Lolos TNI AD, Danrem 174 Merauke Bangga atas Kisah Dibalik Namanya, Ternyata Ada Sosok Pahlawan yang Menyokongnya

Adapun tangkap layar tersebut berisi unggahan yang berupa ujaran kebencian terhadap Presiden Joko Widodo.

"Jadi Ini Orang Cina Bangain, Liat Noh Mungka Nyaa Macam Mungka PKI (emoji) (emoji) Maaf Pak Presiden," tulis akun Facebook atas nama Eko Frananda.

Adapun akun Facebook tersebut menggunakan foto seorang pria dengan pakaian TNI.

Berdasarkan tangkap layar tersebut, diketahui bahwa akun Facebook tersebut milik seorang anggota TNI yang bertugas di Aceh.

Baca Juga: Pantang Menyerah Walau Berkali-kali Gagal Bergabung dengan TNI AD, Keluarga Ceritakan Perjuangan Kapten Fredy untyuk Jadi Tentara, Tapi Nahas Harus Gugur dalam Kecelakaan Helikopter Mi-17 Saat Latihan Terbang di Kendal

Oleh karena ingin melaporkan tindak tersebut, akun Twitter @yostanabe88 pun mengunggahnya pada Jumat (5/6/2020).

Dalam cuitannya, ia pun me-mention sejumlah akun, yakni akun milik Pusat Penerangan TNI @Puspen_TNI, Humas Polri @DivHumas_Polri, dan danDirektorat Tindak Pidana Siber Polri @CCICPolri.

"CC Yth : @Puspen_TNI @DivHumas_Polri @CCICPolri

Dampak Isu PKI Oknum TNI yang Seharunya Tidak terlibat Politik, Malah Justru MenghujatNama Akun : Eko Franada Link Akun https://facebook.com/eko.frananda@Parapat_Nixon," cuit akun Twitter tersebut.

Baca Juga: KSAD Andika Perkasa Geram, Ada Istri Oknum TNI AD Bikin Ulah Mencoreng Nama Institusi

Twitter@yostanabe88

Akun Twitter ini melaporkan adanya ujaran kebencian yang dilakukan oleh akun Facebook dengan foto profil pria berseragam TNI

Menanggapi cuitan tersebut, Dinas Penerangan TNI AD pun memberikan press release melalui akun Instagram @tni_angkatan_darat.

"Unggahan ujaran kebencian dengan latar belakang prajurit TNI AD (disebut bernama "Eko Frananda") kembali beredar pada Jumat malam kemarin (5 Juni 2020), sekitar jam 23.16 WIB, oleh akun Yostanabe@Yostanabe88.," tulis akun Instagram @tni_angkatan_darat.

Menindaklanjuti laporan dari akun Twitter @Yostanabe88, Pusat Sandi dan Siber TNI AD pun melakukan investigasi.

Adapun hasil dari investigasi tersebut menyatakan bahwa akun Facebook atas nama Eko Frananda tersebut merupakan akun palsu dan bukan merupakan milik prajurit TNI AD.

Baca Juga: Kisah Luhut B Pandjaitan, Tak Pernah Jadi Danjen Kopassus Tapi Bisa Miliki Pengaruh Besar, Ternyata Sosok Ini yang Berpengaruh: Saya Menerima Konsekuensi...

"Hasil investigasi Pusat Sandi & Siber TNI AD terhadap akun twitter Yostanabe@Yostanabe88 yang memasang foto profil seorang anggota TNI AD dengan nama Eko Frananda sebenarnya adalah AKUN PALSU dan bukan milik prajurit TNI AD.," tambah akun @tni_angkatan_darat dalam press releasenya.

Berdasarkan investigasi, diketahui bahwa akun Facebook tersebut menggunakan foto dari seorang prajurit TNI AD.

Sang prajurit TNI AD itu sendiri bekerja di satuan Perbekalan dan Angkutan Kodam Iskandar Muda (Aceh).

"Akun tersebut telah MENGUNAKAN foto prajurit TNI AD yang identitas sebenarnya adalah Prajurit Satu AA dari satuan Perbekalan dan Angkutan Kodam Iskandar Muda (Aceh).," imbuh akun Instagram tersebut.

Baca Juga: HUT ke-68 Kopassus, Sepak Terjang Satuan Khusus Korps Baret Merah Sarat Pengalaman Tempur di Berbagai Palagan Konflik

Press release tersebut menyebutkan bahwa unggahan yang dilakukan oleh akun Facebook Eko Frananda itu merugikan nama pribadi sang prajurit dan tentu merugikan TNI AD.

"Selain merusak dan merugikan nama pribadi Prajurit Satu AA, unggahan yang dilakukan akun ini juga SANGAT MERUGIKAN TNI AD.," tulis akun @tni_angkatan_darat.

TNI AD pun kini bertindak untuk memproses hukum sang pemilik akun Facebook yang meresahkan tersebut.

"TNI AD telah bertindak mendorong proses hukum terhadap pemilik akun media sosial diatas.," tutup akun @tni_angkatan_darat.

Artikel ini telah tayang di GridHot.ID dengan judul: Siap-siap Diciduk Polisi, Tulis Ujaran Kebencian pada Presiden Jokowi, Akun Facebook Ini Berani Gunakan Foto Anggota TNI

(Desy Kurniasari)

Editor : Rifka Amalia

Sumber : GridHot.ID

Baca Lainnya