Tak Ada Hati! 1.000 Stock Masker Puskesmas Dicolong Sopir Ambulans, Dijual Ulang Seharga Rp 5 Juta

Senin, 06 April 2020 | 08:00
Sumber foto: Nur Fajriani R

ILUSTRASI: 1.000 Stock Masker Puskesmas Dicolong Sopir Ambulans, Dijual Ulang Seharga Rp 5 Juta

Sosok.ID - Virus corona atau covid-19telah menyebabkan kebutuhan kesehatan seperti masker, handsanitizier, dan sabun antiseptic mengalami kelangkaan.

Pasalnya, oknum-oknum tertentu nekat menimbun stock masker dan barang-barang tersebut.

Kepanikan yang berlebihan telah merugikan banyak orang, terutama petugas kesehatan.

Baca Juga: Kasih Tip Ojol Rp 1 Juta Niat Sedekah, Nikita Mirzani malah Berakhir Digeruduk Puluhan Orang Minta Duit, Sambil Teriak Nyai Ancam Bakal Lapor Polisi: Saya Bukan Pemerintah!

Tak sedikit tenaga medis yang kekurangan stock masker di rumah sakit dan puskesmas.

Mirisnya, di tengah kelangkaan ini, masih terdapat orang yang bersifat egois dengan memanfaatkan kejahatan sebagai peluang.

NU (31), seorang sopir ambulans Puskemas Kecamatan Tenayan Raya di Kota Pekanbaru, Riau, diamankan polisi.

Baca Juga: Kepincut Pesona Karakter Game Online, Wanita Ini Nekat Ceraikan Suaminya di Dunia Nyata Demi Mengejar Cinta sang Pacar Virtual, Endingnya Tak Terduga

Penangkapan dilakukan setelah ia diduga mencuri stok masker milik puskesmas di tempatnya bekerja.

Kepala Sub Bagian Humas Polresta Pekanbaru Iptu Budhia Dianda mengatakan, stok masker yang dicuri oleh pelaku diketahui sebanyak satu dus yang berisi sekitar 1.000 helai masker.

Sedianya, masker tersebut akan digunakan untuk kebutuhan tenaga medis di puskesmas tersebut.

Baca Juga: Rekaman CCTV: Mendadak Jatuh dari Sepeda, Seorang Bapak-bapak Terkapar di Jalanan Meringkuh Kesakitan, Bukan karena Virus Corona melainkan Kelaparan

Kasus pencurian masker itu terungkap setelah pihak puskesmas melaporkan kejadian tersebut kepada polisi.

"Pada saat masker akan dibagikan, ternyata sudah hilang. Atas kejadian itu, pihak puskesmas membuat laporan ke Polsek Tenayan Raya," kata Budhia, Sabtu (4/4/2020).

Mendapat laporan itu, polisi langsung melakukan upaya penyelidikan. Hingga akhirnya berhasil mengamankan pelaku, yang tak lain adalah sopir ambulans.

Baca Juga: Hilang dari Wara-wiri Layar Kaca, Artis Cantik Pemeran Iklan Fenomenal Ini Rupanya Telah Meninggal Dunia, Jasadnya Dikuburkan Satu Liang Lahat dengan Jabang Bayinya

"Ya, kejadiannya pada hari Rabu (18/3/2020) lalu. Pelaku sudah berhasil ditangkap Polsek Tenayan Raya," ujarnya.

Kepada polisi, pelaku mengaku mencuri masker itu menggunakan sepeda motor.

Masker hasil curiannya itu, kemudian oleh pelaku dijual di situs jual beli online dengan harga Rp 5 juta untuk satu dus.

Baca Juga: Ralat! Jubir Presiden Nyatakan Penangguhan Cicilan Kredit Untuk yang Terdampak Covid-19 Bukan Cuma yang Positif Corona

"Dari hasil pemeriksaan, pelaku juga mengaku telah menjual masker melalui situs penjualan online seharga Rp 5 juta," kata Budhia.

Dari tangan tersangka, lanjut, Budhia, polisi berhasil mengamankan uang tunai sebesar Rp 5 juta, satu ponsel, dan satu unit sepeda motor.

Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan.

(Idon Tanjung)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Stok Masker Puskesmas Dicuri Sopir Ambulans, oleh Pelaku Dijual di Situs Online Seharga Rp 5 Juta"

Editor : Rifka Amalia

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya