Diberi Uang Penghargaan Sebesar Rp 10 Juta, Mbah Sudiro Dan Kodir Pahlawan Sungai Sempor Menolak Pemberian: Saya Tak Sanggup Menerima, Uang Ini Saya Bagi Untuk Bangun Masjid

Rabu, 26 Februari 2020 | 11:17
Kolase BNPB/Kompas.com

Diberi Uang Penghargaan Sebesar Rp 10 Juta, Mbah Sudiro Dan Kodir Pahlawan Sungai Sempor Menolak Pemberian: Saya Tak Sanggup Menerima, Uang Ini Saya Bagi Untuk Bangun Masjid

Sosok.ID - Insiden susur sungai sempor sempat menyita perhatian publik tanah air beberapa hari yang lalu.

Bagaimana tidak, sebab insiden itu hampir renggut nyawa 250 siswa Sekolah Menengah Pertama di salah satu sekolah di Sleman, DIY.

Meski begitu tetap saja ada korban jiwa dalam insiden hanyutnya siswa sekolah yang sedang mengikuti kegiatan susur sungai tersebut.

Namun dari peristiwa yang menjadi pelajaran bagi semua pihak itu terdapat dua pahlawan yang memang memiliki hati mulia.

Baca Juga: Terlalu Semangat Ingin Perkosa Mahasiswi Cantik yang Jadi Penumpangnya, Sopir Angkot Malah Hilang Kendali dan Ceburkan Mobilnya ke Selokan

Setelah aksi heroiknya menolong para siswa SMPN 1 Turi Sleman yang terseret banjir di Sungai Sempor, Sudiro (71) dan Sudarwanto alias Kodir, mendapat uang penghargaan sebesar Rp 10 juta.

Penghargaan tersebut disampaikan Kementerian Sosial atas kerelaan dan keberanian kedua warga Desa Donokerto tersebut menolong para siswa, hari Jumat (21/2/2020).

Namun, Sudiro atau akrab dipanggil Mbah Diro dan Kodir lebih memilih menyumbangkan uang tersebut ke warga desa.

"Saya sebenarnya tidak sanggup menerima ini. Niat saya hanya menolong, karena kemanusiaan," tegas Mbah.

Baca Juga: Hamil di Kolam Renang Jadi Berita Terpopuler di Inggris, Netizen Minta Komisioner KPAI Undur Diri Sebab Dianggap Merendahkan Kredibilitas Negara

(dok BNPB)
(dok BNPB)

Proses evakuasi para siswa SMP Negeri 1 Turi Sleman, Yogyakarta, yang hanyut di Sungai Sempor saat melakukan kegiatan Pramuka susur sungai.

Seperti diketahui, Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun juga sempat mengunjungi rumah Kodir dan Mbah Diro untuk mengucapkan terimakasih dan memberikan tali asih pada Senin (24/2/2020).

Mbah Diro menjelaskan, saat kejadian di Sungai Sempor, tak hanya dirinya dan Kodir yang menolong para siswa.

Namun, banyak warga yang juga ikut turun ke sungai dan menolong.

Baca Juga: Ingin Ajak Pacar Jalan-jalan ke Bali Tapi Tak Punya Modal, Seorang Pemuda Nekat Bunuh Ibu Kosnya dan Gasak Semua Perhiasan Emasnya

Untuk itu, dirinya memilih menyumbangkan uang tersebut untuk pembangunan masjid.

"Uang ini akan saya bagikan dan saya sumbangkan untuk membangun masjid," jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan Kodir, dirinya hanya mengikuti insting kemanusiaan saat terjun ke sungai dan menyelamatkan para siswa.

Baca Juga: Pasien Suspect Corona di Semarang Meninggal Dunia, Jenazah Dibungkus Plastik demi Mencegah Penularan

(KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMA)
(KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMA)

Sudiro dan Sudarwanto alias Kodir saat duduk bersama Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kemensos RI Rachmat Koesnadi sebelum penyerahan penghargaan.

Seperti diketahui, aksi heroik kedua warga tersebut menjadi buah bibir.

Saat kejadian itu, Kodir akan memancing di Sungai Sempor dan Mbah Diro sedang menyapu makam yang lokasinya hanya 100 meter dari lokasi kejadian.

Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari apa yang dilakukan oleh Kodir dan Mbah Diro, dua pahlawan sungai Sempor tersebut.

Baca Juga: Istri Tengah Hamil Tua, Pria Ini Nekat Lampiaskan Nafsu Bejatnya ke Anak Kandung hingga Hamil, Ancam Bakal Ceraikan Ibu Korban Bila Tak Mau Layani Hasrat Berahinya

Bahwa menolong seseorang tidak perlu melulu harus menilik upah apa yang diberikan.

Bahkan mereka mengajarkan, meski bukan dari kalangan berada tetap yang menjadi nilai utama adalah kebaikan dan saling tolong menolong.

Terimakasih Dua Pahlawan Sungai Sempor, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. (Wijaya Kusuma)

Artikel ini pernah tayang di Kompas.com dengan judul ""Saya Tak Sanggup Terima Uang Ini. Niatnya Hanya Menolong""

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya