2 Kasus Positif Covid-19 Usai Berkunjung dari Indonesia, Satu Wilayah Ini di Nusantara Dihindari Dunia Internasional Sebab Dianggap Telah Terpapar Virus Corona

Senin, 24 Februari 2020 | 17:00
ABC via Intisari.com

2 Kasus Positif Covid-19 Usai Berkunjung dari Indonesia, Satu Wilayah Ini di Nusantara Dihindari Dunia Internasional Sebab Dianggap Telah Terpapar Virus Corona

Sosok.ID - Virus corona kian hari kian menjadi perbincangan.

Menginfeksi lebih dari 75 ribu orang dan merenggut sebanyak lebih dari 2.500 nyawa, ilmuwan masih berjuang keras untuk mencari solusi dari patogen Covid-19 ini.

Bahkan, korban yang dinyatakan sembuh pun dikatakan dapat terinfeksi kembali dengan mudahnya.

Hingga saat ini, jumlah negara yang terpapar virus corona terus bertambah, beberapa negara Timur Tengah hingga Afrika sudah mulai melaporkan kasus virus corona.

Juga, Korea Selatan kini menjadi negara kedua yang memiliki kasus terbanyak Covid-19 setelah China.

Baca Juga: Ludahi Dan Diratakan ke Tombol Lift, Wanita Ini Tertangkap Kamera Ingin Tularkan Virus Corona Pada Banyak Orang, Begini Videonya!

Korea Selatan disebutkan telah melaporkan 100 orang meninggal akibat virus asal Wuhan tersebut.

Sementara itu, Indonesia masih 'adem ayem' dan aman-aman saja, bahkan hingga kini, nusantara masih belum melaporkan kasus virus corona.

Namun, ini bukan berarti Indonesia bisa tenang, karena faktanya beberapa organisasi kesehatan, hingga beberapa negara menyoroti hal itu.

Ada yang menyebut bahwa Indonesia kurang dalam masalah pengawasan virus corona, dan melalui beberapa kabar terbaru ada satu wilayah Indonesia yang disebut telah terpapar virus corona.

Satu wilayah di Indonesia yang disebut sangat rentan dan bahkan diduga sudah terpapar virus corona tersebut adalah Bali.

Baca Juga: Bukan dari Hewan, Korea Selatan Anggap Virus Corona yang Menginfeksi 156 Warganya Berasal dari Sekte Sesat yang Pemimpinnya Mengaku Pakai Jubah Yesus

Melansir Newshub virus corona yang muncul di London diduga menyebar dari Bali setelah banyak pelancong China mengunjungi pulau itu.

Newshub menyatakan, kasus pertama virus corona yang di konfirmasi di London diduga berasal dari Bali.

"Virus ini ditularkan di China dan pasien sekarang dipindahkan ke pusat spesialis NHS di Gut dan St Thomas di London," kata Chris Whitty kepada petugas media Inggris.

Pengusaha Inggris itu terekspos juga sebuah acara penjualan di Singapura, dia mengunjungi resor ski Perancis sebelum terbang kembali ke Inggris.

Baca Juga: Hati-hati! Saat Isu Virus Corona Merebak, Viral Video Pembuatan Masker Diragukan Kebersihanya yang Ngaku Milik Merk Solida, Ternyata Ini Aslinya!

Dia tidak menyadari gejalanya sama sekali, kasus ini telah menempatkan Inggris memiliki 11 kasus virus corona.

Sementara kekhawatiran itu diduga berasal dari Bali, di mana pemerintah China mengumumkan ada turis China yang terbang dari Wuhan dinyatakan positif virus corona setelah mengunjungi Indonesia.

Namun Badan Kesehatan Bali, mengatakan, sedang menyelidiki kasus ini dan mencari riwayat perjalanan dan kegiatan pasien tersebut.

Selain itu serupa dengan pernyataan Inggris, Australia juga menghindari bepergian ke Bali karena kekhawatiran kawasan itu sudah terpapar virus corona.

Baca Juga: Diragukan Ilmuwan Karena Selamat dari Virus Corona, Terawan Sebut Khatulistiwa Berhutang pada Tuhan: Katakan pada Harvard untuk Datang ke Indonesia, Kami Membuka Pintu Selebar-lebarnya

Mengutip ABC News pada Senin (24/2/2020) Menteri Kesehatan Australia WA Roger Cook mengetahui warga China yang terinfeksi virus corona setelah bepergian dari Bali.

Dia mengatakan sedang mamantau situasi tersebut, karena banyak warganya yang bepergian ke pulau wisata paling populer di Indonesia itu.

"Sekarang jelas kita perlu memonitor dengan hati-hati penyebaran penyakit ini di luar China," kata Cook.

"Ini adalah situasi baru karena jelas Bali menjadi taman bermain bagi banyak orang Australia Barat," sambungnya.

"Tapi kami tidak mengatakan bahwa orang harus membatasi perjalanan mereka ke Bali," katanya lagi.

Baca Juga: Berdalih Cari Biaya untuk Pengobatan Ayahnya yang Sedang Sakit di Indonesia, WNI Ini Nekat Maling Masker di Hong Kong yang Kini Jadi Barang Langka dengan Harga Selangit Gegara Virus Corona

Direktur Pengendalian Penyakit Menular Australia, Paul Amstrong mengatakan tak ada kasus yang terkonfirmasi tentang virus corona di Bali.

"Secara resmi, Indonesia tidak memiliki kasus virus corona sama sekali," kara Dr Amstrong.

Dr Amstron mengatakan, Australia telah menawarkan dukungan pada Indonesia untuk peningkatan pengujian jika diperlukan.

Sementara beberapa waktu lalu, seorang pria Jepang juga dinyatakan positif virus corona setelah mengunjungi Indonesia. (Afif Khoirul M)

Artikel ini pernah tayang di Intisari.ID dengan judul: Seolah Tidak Terendus Sama Sekali, Ada Satu Wilayah Indonesia Ini Diduga Sudah Terpapar Virus Corona, Negara Tetangga Indonsia Ini Sudah Mulai Cemas

Editor : Seto Ajinugroho

Sumber : intisari.id

Baca Lainnya