Hampir 2 Tahun Menang Pemilu Kepala Daerah Pada Tahun 2018, Ayah Anggota DPR RI Termuda Belum Juga Dilantik Hingga Detik Ini, Engelbert Lasut: Saya Tetap Bersabar...

Senin, 09 Desember 2019 | 14:50
Instagram @hillarylasut

Hampir 2 Tahun Menang Pemilu Kepala Daerah Pada Tahun 2018, Ayah Anggota DPR RI Termuda Belum Juga Dilantik Hingga Detik Ini, Engelbert Lasut: Saya Tetap Bersabar...

Sosok.ID - Bulan Oktober tahun 2019 lalu, Politisi Partai Nasdem, Hillary Brigitta Lasut tercatat sebagai anggota termuda DPR yang dilantik untuk periode 2019-2024.

Pengangkatan Hillary Lasut adalah sebuah prestasi mentereng baginya, diusia muda telah dapat berkontribusi membangun bangsa melalui suaranya di Senayan.

Namun berbanding terbalik dengan kisah anaknya yang sukses membuat kagum khalayak, cerita berbeda ditampilkan oleh sang ayah.

Hingga detik ini Elly Engelbert Lasut, belum juga dilantik secara resmi menjadi Bupati Talaud sejak terpilih dalam Pilkada tahun 2018.

Baca Juga: Cinta Terlarang Selama 7 Tahun Berujung Maut, Kesal Kekasih Gelapnya Minta Hal Ini Usai Bercinta, Tukang Jagal Habisi Nyawa Tukang Pijat dan Biarkan Jasadnya Membusuk di Kamar Kosnya

Dilasir dari Kompas.com, pasangan Elly Engelbert Lasut - Moktar Arunde Parapaga menang dalam pemilu serentak di kabupaten Talaud pada bulan Agustus tahun 2018.

Sejak ditetapkan sampai Agustus 2019 lalu, sudah satu tahun keduanya belum dilantik.

Sebenarnya, agenda pelantikan dilakukan pada 21 Juli 2019 lalu, berdasarkan akhir masa jabatan Bupati Talaud sebelumnya yakni Sri Wahyumi Manalip.

Belum dilantiknya Elly dan Moktar oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara dalam hal ini Gubernur Olly Dondokambey, diduga ada yang belum beres, salah satunya periodisasi Elly Lasut menjabat bupati.

Saat ini, jabatan Bupati Talaud dijabat oleh Adolf Binilang.

Baca Juga: Diduga Ikut Tanda Tangani Pax Manifest Pesawat, Suami Iis Dahlia Terbukti Jadi Kru Maskapai yang Bawa Barang Selundupan Dirut Garuda

Adolf merupakan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekda) Talaud, dan ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Talaud.

Belum dilantiknya Elly-Moktar, terus dipertanyakan massa pendukung bupati Talaud terpilih itu.

Mereka telah melakukan beberapa kali aksi demo, di antaranya di depan Kantor Gubernur pada Senin (22/7/2019) dan di depan Kantor Bupati Talaud.

Massa pendukung membakar ban pada Rabu (14/8/2019), Elly Lasut sudah berhasil dihubungi Kompas.com, Jumat siang, tapi, Elly tak mau memberikan pernyataan.

Baca Juga: Kritik Habis Pengangkatan Ahok, Kini Fadli Zon Puji Tindakan Menteri BUMN Pecat Ari Ashkara, Sarankan Sosok Ini Jadi Pimpinan Baru Garuda Indonesia!

Hingga tahun 2019 ini akan berakhir, kepastian pelantikan Elly Lasut untuk duduki jabatan bupati belum juga mendapat titik terang.

(KOMPAS.com/SKIVO MARCELINO MANDEY)

Bupati Talaud terpilih Elly Engelbert Lasut saat mendaftar bakal calon gubernur di Kantor DPW NasDem Sulut, Senin (9/12/2019)

Mungkin itu yang menjadi pertimbangan Elly Lasut untuk mengambil jalan tengah.

Pada hari Senin (9/12/19), Elly Engelbert Lasut didampingi pendukung dan orang-orang dekatnya mendaftarkan diri di Partai Nasional Demokrat (NasDem) dalam Pilkada Gubernur Sulawesi Utara 2020.

Melansir dari Kompas.com, ayah dari Hillary Lasut tersebut dengan penuh kepercayaan diri yakin akan terpilih sebagai Gubernur mendatang.

Ia pun mengatakan tak akan berpaling dari parpol yang telah membesarkan namanya tersebut hanya untuk bisa mendaftar jadi Gubernur.

Baca Juga: Kelakuan Sinting Gundik Ari Askhara Terkuak Lagi, Ia Dikenal Sebagai Ratu Garuda Karena Delay Penerbangan Gegara Sandal Jepit

“Seratus persen saya optimis, saya yakin bisa menang sebagai gubernur Sulut. Itu optimisme saya, dan ada beberapa langkah yang saya harus lakukan,” kata Elly saat diwawancara seusai mendaftar di kantor DPW Partai NasDem, Senin (9/12/2019) siang, dikutip dari Kompas.com.

Terkait statusnya sebaga bupati terpilih di Pilkada Talaud 2018 dan tak kunjung dilantik, mantan politisi Partai Golkar itu menyatakan akan sabar menanti.

“Memang upaya dilantik itu begitu kuat. Tapi sampai hari ini Pak Gubernur (Olly Dondokambey) belum berkenan. Saya tetap bersabar menunggu pelantikan itu,” ujar Elly, dikutip dari Kompas.com.

Ia juga menegaskan tetap akan maju di Pilkada Sulut jika NasDem mengusung dirinya.

Baca Juga: Kisah Warsito Penerima Penghargaan Menteri Lingkungan Hidup, Kerap Tidur di Hutan dan Bersua dengan Macan

“Jika tetap dilantik, saya akan tetap maju. Apakah akan dilantik atau belum dilantik, sebagai calon gubernur apalagi jika Partai NasDem mendukung saya sebagai calon, saya tetap maju,” tegasnya, dikutip dari Kompas.com.

Sejak ditetapkan hingga Desember 2019 ini, sudah satu tahun lebih keduanya belum dilantik.

Alasan belum dilantiknya ketua Partai Berkarya Sulut itu disebut-sebut karena tersandung status bupati Talaud dua periode, yang diyakini membuat Gubernur Olly belum bersedia melantik Elly dan pasangannya. (*)

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya