Follow Us

Dokter Jiwa Soal Ammar Zoni 2 Kali Narkoba: Kalo Kecanduan, Udah Susah

Rifka Amalia - Senin, 13 Maret 2023 | 14:14
Ammar Zoni - Dokter jiwa soroti Ammar Zoni narkoba 2 kali.
YouTube Was Was

Ammar Zoni - Dokter jiwa soroti Ammar Zoni narkoba 2 kali.

Sosok.ID - Dokter spesialis kejiwaan menyoroti Ammar Zoni yang terjerat narkoba sebanyak dua kali, yakni di tahun 2017 dan di tahun 2023.

Melalui YouTube Cumi Cumi, psikiater Hariwibowo Gunadi mengatakan, orang yang sudah kecanduan narkoba akan sulit untuk tidak mengulangi perbuataannya.

Lalu, bagaimana seseorang bisa sembuh dari narkoba?

Diterangkan Gunadi, butuh tekad yang sangat besar untuk seseorang bisa lepas dari narkoba.

Artinya, kesembuhan seorang pecandu datang dari dirinya sendiri.

"Kalau udah kecanduan, dia susah lepasnya. Kalau memang mau diobati itu nomor satu tergantung yang bersangkutan," tegas Gunadi, dikutip Sosok.ID pada Senin (13/3.2023).

Niat untuk sembuh yang muncul dari sendiri atau dari orang lain, juga berpengaruh terhadap proses kesembuhan pecandu narkoba.

"Apakah niatannya dari dia sendiri atau dipaksa oleh sekelilingnya," tuturnya.

Gunadi menerangkan, jika niat dan tekad datang dari diri sendiri, maka proses lepas dari narkoba akan mendapatkan hasil yang lebih baik.

"Kalau niatan dari diri sendiri biasanya hasilnya cukup bagus," katanya.

Di sisi lain, jika pecandu sampai menghalalkan segalacara untuk mendapatkan narkoba, maka penyembuhannya akan semakin sulit.

"Kalau dia sudah kecanduan sampai jual barang, sampai mencuri, atau melakukan tindakan kejahatan demi mendapatkan narkoba ini, biasanya penyembuhannya susah oleh karena sudah mendarah daging lah istilahnya itu," tegasnya.

Editor : Sosok

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest