Follow Us

Jika Jokowi 'Nekat' Lakukan Ini, Dukungan untuk Sosok Capres Anies Baswedan Diprediksi Meroket

Rifka Amalia - Jumat, 06 Januari 2023 | 11:46
Presiden Jokowi dan Anies Baswedan
KOMPAS/WISNU WIDIANTORO | KOMPAS/ TOTOK WIJAYANTO

Presiden Jokowi dan Anies Baswedan

Sosok.ID - Dukungan terhadap calon presiden yang dideklarasikan Partai Nasdem, Anies Baswedan, diprediksi meroket jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) lakukan hal ini.

Prediksi ini berkaitan dengan dugaan Jokowi tak senang Anies Baswedan dicalonkan sebagai presiden di saat Nasdem masih berada di kursi pemerintahan.

Pengamat politik dari lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Sirojuddin Abbas menyebut, justru jika Jokowi mendepak para menteri dari Partai Nasdem, simpati publik terhadap Anies Baswedan akan meroket.

Apalagi PDI-P sempat meminta agar menteri dari Partai Nasdem mengundurkan diri.

"Kalau simpati ke Nasdem dan ke Anies meningkat, bahwa ada risiko juga nanti dukungan ke Anies dan Nasdem malah menguat," ujar Abbas di Kantor DPP PSI, Jakarta Pusat, Kamis (5/1/2023), seperti dikutip dari Kompas.com.

Abbas menilai, publik bisa mengartikan didepaknya menteri dari Partai Nasdem diakibatkan rasa tidak suka Jokowi karena Anies Baswedan dideklarasikan.

Terlepas dari kebenarannya, reshuffle bisa diartikan sebagai hukuman bagi Nasdem.

"Keputusan untuk mengeluarkan, me-reshuffle menteri-menteri dari Nasdem, itu bisa dipersepsi sebagai hukuman dari Presiden kepada Nasdem. Gara-gara Nasdem mengumumkan dukungannya kepada Anies Baswedan," terang Abbas.

"PDI-P tentu saja tidak suka dengan keputusan Nasdem yang masih ada di koalisi, tapi sudah mendukung calon yang kelihatan seperti itu sikap dan posisi politiknya," kata Abbas.

Meski demikian, Abbas meyakini Jokowi tidak akan bertindak tanpa memikirkan efek politik setelahnya. Ia berharap presiden berhati-hati sebelum mengambil keputusan.

"Tapi saya kira Presiden tidak akan gegabah ambil keputusan. PDI-P punya aspirasi ya wajar," kata dia.

Reshuffle Diharap Pertimbangkan Kinerja Menteri

Editor : Sosok

Baca Lainnya

Latest