Follow Us

Pilpres 2024, Prabowo Subianto Disebut Resmi Jadi Cawapres Sosok Anies Baswedan, Ini Faktanya!

Rifka Amalia - Kamis, 15 Desember 2022 | 12:25
Anies Baswedan dan Prabowo Subianto - Muncul sebuah narasi di media sosial yang menyebut bahwa Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto resmi menjadi calon wakil presiden Anies Baswedan.
KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO | KOMPAS.com/AMBARANIE NADIA

Anies Baswedan dan Prabowo Subianto - Muncul sebuah narasi di media sosial yang menyebut bahwa Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto resmi menjadi calon wakil presiden Anies Baswedan.

Sosok.ID - Muncul sebuah narasi di media sosial yang menyebut bahwa Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto resmi menjadi calon wakil presiden Anies Baswedan dalam Pilpres 2024 atau Pemilu 2024.

Eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memang telah dideklarasikan sebagai calon presiden 2024 dalam Pemilu 2024 mendatang.

Narasi yang tersebar dalam sebuah unggahan menuliskan bahwa Partai Gerindra berkoalisi dengan partai pengusung Anies Baswedan, Nasdem.

Tampak gambar Anies Baswedan dan Surya Paloh dalam klaim unggahan tersebut.

Namun, rupanya narasi yang beredar adalah salah alias hoaks.

Mengutip Kompas.com, gambar berjudul “GERINDRA GABUNG KE KOALISI, NASDEM PILIH PRABOWO JADI CAWAPRES ANIES BASWEDAN ~ VIRAL HARI INI" itu merupakan tangkap layar dari sebuah thumbnail video YouTube.

Antara judul dengan isi video tidak memiliki kesesuaian. Tidak ada satu pun informasi yang menjelaskan Prabowo sebagai capres Anies Baswedan.

Potongan-potongan dalam video itu juga merupakan pertemuan antara Prabowo dengan Surya Paloh di tahun 2019 silam.

Tidak ada narasi tentang cawapres dalam obrolan keduanya.

Gerindra Ditawari Gabung Koalisi Perubahan

Adapun, Gerindra memang sempat ditawari untuk bergabung dengan Koalisi Perubahan, namun belum ada jawaban pasti terkait hal tersebut.

Tawaran itu sendiri mulanya disampaikan oleh Juru Bicara PKS M Kholid.

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest