Follow Us

Cuma Modal Menjabat Perdana Menteri 44 Hari, Sosok PM Inggris Ini Jadi Milyarder Dadakan dengan Pesangon Hampir 2 M Tiap Tahunnya

May N - Sabtu, 22 Oktober 2022 | 18:46
Liz Truss mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri Inggris
Leon Neal

Liz Truss mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri Inggris

Sosok.ID - Selama 44 hari kacau yang dihabiskan Liz Truss di kantor, dia sekarang memenuhi syarat untuk mengumpulkan tunjangan tahunan £ 115.000 ($ 128.000) atau Rp 1,9 M dari pemerintah Inggris selama sisa hidupnya.

Uang untuk Truss akan berasal dari skema Tunjangan Biaya Tugas Publik negara itu, yang memungkinkan siapa saja yang menjabat sebagai Perdana Menteri, berapa pun lamanya, untuk mengklaim pembayaran untuk menutupi biaya yang timbul dari "posisi khusus mereka dalam kehidupan publik."

Skema, yang didirikan pada tahun 1991 setelah pengunduran diri Margaret Thatcher, dimaksudkan untuk membantu mantan Perdana Menteri jika mereka "masih aktif dalam kehidupan publik."

Perdana Menteri lain yang telah mengklaim tunjangan pada tahun lalu termasuk John Major (Perdana Menteri 1990-1997), Tony Blair (1997-2007), Gordon Brown (2007-2010), dan David Cameron (2010-2016).

Liz Truss (2022 hingga 2022) adalah Perdana Menteri keenam yang memenuhi syarat untuk tunjangan ini.

Apa yang bisa digunakan untuk?

Tunjangan tersebut bukanlah upah langsung tetapi tunjangan yang dapat digunakan oleh mantan Perdana Menteri untuk membayar perjalanan, staf, dan kantor untuk setiap kunjungan resmi yang dilakukan setelah masa kepemimpinan mereka.

Biaya dapat mencakup dukungan buku harian, perlindungan Met Police pada kunjungan publik, korespondensi, staf pada kunjungan publik, dukungan untuk pekerjaan amal, platform media sosial dan mengelola dan memelihara kantor mantan PM.

Mantan Perdana Menteri tidak diperbolehkan menggunakan uang saku untuk membayar hal-hal dalam kehidupan pribadi mereka atau untuk pekerjaan mereka di pemerintahan jika mereka tetap sebagai Anggota Parlemen setelah pengunduran diri mereka.

Panggilan untuk menolak tunjangan

Namun, ketika negara tersebut mengalami rekor inflasi yang tinggi, pembayaran hipotek yang meningkat, dan penurunan pensiun — semuanya diperburuk oleh krisis ekonomi yang didorong oleh keputusan yang dibuat oleh pemerintah Truss — kemungkinan Truss mengklaim pembayaran tersebut telah meninggalkan rasa tidak enak di mulut beberapa orang.

Pemimpin oposisi Kier Starmer dari Partai Buruh bergabung dengan seruan agar Truss menolak pembayaran, mengatakan bahwa tugas enam minggunya di kantor seharusnya tidak membuatnya memenuhi syarat untuk tunjangan.

Editor : May N

Baca Lainnya

Latest