Follow Us

Kisah Nabi Muhammad: 4 Keajaiban di Hari Kelahirannya

Rifka Amalia - Senin, 03 Oktober 2022 | 19:55
Foto hanya ilustrasi - Kisah Nabi Muhammad: 4 Keajaiban di Hari Kelahirannya
Freepik/wirestock

Foto hanya ilustrasi - Kisah Nabi Muhammad: 4 Keajaiban di Hari Kelahirannya

Sosok.ID - Menjelang Maulid Nabi, umat Muslim ada baiknya mengetahui mengenai kisah Nabi Muhammad SAW dan keajaiban di saat kelahirannya.

Nabi Muhammad SAW merupakan suri tauladan yang baik bagi umat manusia, di mana tiap kisah hidupnya memiliki hal-hal yang dapat diteladani.

Sebagai Nabi dan Rasul terakhir yang ditugaskan menyanpaikan risalah langit kepada umat manusia lewat agama Islam, Nabi Muhammad memiliki banyak keistimewaan.

Bahkan di hari kelahirannya, peristiwa-peristiwa luar biasa terjadi.

Nabi Muhammad SAW diriwayatkan lahir pada 12 Rabi’ul Awwal atau bertepatan dengan 29 Agustus 580 Masehi di Makkah, di Tahun Gajah.

Tahun tersebut adalah saat ketika pasukan gajah yang dipimpin oleh Abrahah Habasyah berusaha merobohkan Ka’bah.

Pasukan tersebut dengan kebesaran Allah SWT gagal merobohkan ka'bah, sebab Allah SWT mengirimkan burung-burung Ababil untuk menjatuhkan batu-batu yang membawa wabah penyakit, seperti tertuang kisahnya dalam surat Al-Fil.

Adapun, masa kelahiran Nabi Muhammad ini diriwayatkan oleh Imam Ibnu Ishaq dari Sayyidina Ibnu Abbas.

"Rasulullah dilahirkan di hari Senin, tanggal 12 di malam yang tenang pada bulan Rabi'ul Awwal, Tahun Gajah."

Waktu kelahiran Nabi Muhammad SAW juga diceritakan oleh Rasulullah sendiri melalui Abu Qatadah, "Itu adalah hari aku dilahirkan, diangkat menjadi Nabi, dan diturunkannya kepadaku Al Quran (pertama kali)," (HR Muslim).

Diriwayatkan, banyak kejadian luar biasa di sesaat dan setelah kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Jelang krlahiran Nabi Muhammad, Allah SWT menutup pintu-pintu neraka,embuka lebar-lebar pintu-pintu surga, menurunkan ribuan malaikat ke bumi, dengan bulan yang terbelah dan bintang-bintang bersinar terang. Sinar rembulan itu memenuhi rumah Aminah bin Wahab, Ibunda Rasulullah SAW.

Editor : Sosok

Baca Lainnya

Latest