Follow Us

AS Semakin 'Ciut' Usai Strategi China di Pulau Pasifik Menunjukkan Kemajuan, Apa yang Terjadi?

Rifka Amalia - Rabu, 21 September 2022 | 16:21
Ilustrasi pasukan militer - foto: militer china
Xinhua

Ilustrasi pasukan militer - foto: militer china

Sosok.ID - Untuk melawan pengaruh China yang berkembang di Kepulauan Pasifik, AS harus meningkatkan dukungan untuk negara-negara di kepulauan itu.

China telah mencapai kemajuan di pulau-pulau Pasifik sebagai bidang kepentingan strategis yang belum dapat dicapai di tempat lain di dunia.

Narasi itu disampaikan oleh laporan baru oleh lembaga pemikir yang didanai Kongres AS.

Mengutip Al Jazeera, Rabu (21/9/2022), kemajuan tujuan geo-strategis China di antara negara-negara Pasifik harus menjadi perhatian.

Laporan yang dirilis pada hari Selasa (20/9/2022) oleh Institut Perdamaian Amerika Serikat, di mana salah satu penulisnya merupakan mantan pejabat militer senior.

Laporan itu menyampaikan bahwa untuk melawan pengaruh China yang tumbuh di kawasan Pasifik, AS harus meningkatkan dukungan untuk negara-negara kepulauan di Pasifik utara di mana ia memiliki ikatan sejarah terkuat.

“Pejabat China belum menyatakan secara terbuka bahwa wilayah Kepulauan Pasifik adalah area dengan kepentingan strategis yang tinggi, tetapi manfaat bagi Beijing dari peningkatan keterlibatan dengan kawasan itu (terlihat) jelas,” bunyi laporan tersebut.

“Mungkin pada tingkat yang lebih besar daripada wilayah geografis lainnya, Kepulauan Pasifik menawarkan kepada China peluang investasi rendah, hadiah tinggi untuk mencetak kemenangan simbolis, strategis, dan taktis dalam mengejar agenda globalnya.”

Laporan itu muncul menjelang pertemuan antara Presiden AS Joe Biden dan selusin pemimpin pulau Pasifik minggu depan, ketika Washington berusaha bersaing untuk mendapatkan pengaruh dengan Beijing.

Kepulauan Marshall, Negara Federasi Mikronesia dan Palau adalah negara berdaulat yang dikenal sebagai Freely Associated States (FAS) yang menandatangani kesepakatan pada akhir 1980-an yang memberikan tanggung jawab pertahanan AS dan hak atas pangkalan militer di wilayah tersebut.

Kesepakatan itu, yang berakhir pada 2023 dan 2024, saat ini sedang dinegosiasikan ulang oleh AS.

Laporan itu memperingatkan bahwa negara-negara yang bersangkutan dapat mencari pendanaan dari China jika negosiasi dengan Washington gagal.

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest