Follow Us

Suksesi Panglima TNI di Depan Mata, Sosok Kepala Staf Angkatan Laut yang Moncer Ini yang Digadang-gadang Jadi Calon Kuat Panglima TNI Pengganti Andika Perkasa, Matra Laut Kembali Kuat

May N - Rabu, 14 September 2022 | 10:55
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (kiri) dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono di Balai Samudera, Jakarta, Minggu (11/9/2022).
Tribunnews

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa (kiri) dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono di Balai Samudera, Jakarta, Minggu (11/9/2022).

Sosok.ID - Indonesia tengah menanti suksesi atau pergantian Panglima TNI, dengan Jenderal Andika Perkasa akan segera pensiun.

Rupanya sudah ada calon kuat, salah satunya adalah Laksamana Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Laut.

KSAL Laksamana Yudo Margono digadang-gadang akan menjadi panglima TNI berikutnya, gantikan Jenderal Andika Perkasa.

Ada beberapa hal mengapa sosok KSAL ini menjadi calon kuat panglima TNI.

Pertama, karena belum ada panglima TNI dari matra laut di era Presiden Joko Widodo.

Kedua, peluang Yudo jadi panglima TNI dinilai besar karena dirinya sudah menunjukkan berbagai kapasitas kepemimpinan.

Khairul Fahmi, pengamat militer dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS), mengatakan jika Yudo sudah menunjukkan kapasitasnya dalam membangun TNI AL yang modern, tangguh, dan profesional.

Contohnya adalah pembangunan Satuan Pendidikan (Satdik) I di Belawan, kemudian Satdik II di Makassar dan Satdik III di Sorong.

Terobosan Yudo dianggap baru dan menunjukkan TNI AL tidak lagi Jawasentris dalam pola pendidikan.

“Dari sisi pembangunan disiplin dan kepatuhan hukum, Yudo Margono sejauh ini juga telah menunjukkan sikap tegasnya terhadap kasus-kasus pelanggaran hukum yang dilakukan oleh oknum-oknum prajurit,” kata Fahmi dilansir dari Kompas.com, Selasa (13/9/2022).

Ahlinya kapal perang

Yudo Margono lahir di Madiun, Jawa Timur, 26 November 1965.

Editor : May N

Baca Lainnya

Latest