Follow Us

Ini Dia Jaminan yang Diberikan Ferdy Sambo Kepada Bharada E Saat Meminta Bantuan Habisi Yosua: Siap, Saya Lindungi

May N - Kamis, 08 September 2022 | 14:45
Kolase Foto Bharada E dan Brigadir J.
TribunJambi/ Aryo Todang

Kolase Foto Bharada E dan Brigadir J.

Sosok.ID - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan jika Irjen Ferdy Sambo meminta bantuan kepada Richard Eliezer atau Bharada E dalam pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Sigit menyebut pembunuhan dilakukan setelah eks Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri mendapatkan informasi dari istrinya, Putri Candrawathi, terkait Brigadir Yosua di rumah pribadinya di Jalan Saguling, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Meski begitu, Listyo tidak menjelaskan secara rinci mengenai informasi apa yang disampaikan Putri Candrawathi sampai membuat Ferdy Sambo turun tangan mengajak Bharada E membunuh Brigadir Yosua.

"Ada informasi ibu PC (Putri Candrawati) kepada FS (Ferdy Sambo) yang kemudian saat itu si Richard dipanggil, ditanya apakah yang bersangkutan siap untuk membantu," ucap Sigit dalam program Satu Meja di Kompas TV, Rabu (7/9/2022) malam.

"Waktu itu FS menyampaikan bahwa 'saya ingin bunuh Yosua'. Si Richard siap, 'kalau kamu siap kamu saya lindungi', kira-kira gitu," ujar Kapolri melanjutkan.

Sigit pun menerangkan bahwa Bharada E mengubah keterangan kepada timsus yang tangani kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Yosua.

Richard Eliezer melakukannya setelah Polri tetapkan dirinya sebagai tersangka kasus pembunuhan Brigadir J.

"Saat itu Richard saya panggil, di hadapan Timsus dia menjelaskan bahwa dia mau mengubah keterangannya," papar Sigit.

"Pada saat itu, si Richard kita tetapkan sebagai tersangka, sehingga kemudian dia sampaikan ke saya 'Pak saya tidak mau dipecat, saya akan bicara jujur'," kata Kapolri.

Sigit melanjutkan sebelum mengubah keterangan, Bharada E sempat mengaku kepada timsus jika peristiwa pembunuhan Brigadir J di Duren Tiga terjadi karena aksi tembak menembak.

Ini berarti Bharada E sempat mengikuti skenario yang dibuat oleh Ferdy Sambo.

Akhirnya keterangan diubah pasca timsus tetapkan Bharada E sebagai tersangka.

Editor : May N

Baca Lainnya

Latest