Follow Us

KTT G20 Bali 2022, Jokowi Ditekan Sana-sini, Vladimir Putin dan Xi Jinping Dipastikan Datang, Negara Barat Meradang

Rifka Amalia - Sabtu, 20 Agustus 2022 | 14:33
Presiden Joko Widodo
Harian Warta Kota/Henry Lopulalan

Presiden Joko Widodo

Sosok.ID - Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan menghadiri KTT G20 di pulau resor Bali November ini, menurut Presiden Joko Widodo.

“Xi Jinping akan datang. Presiden Putin juga mengatakan kepada saya bahwa dia akan datang,” kata Joko Widodo kepada Bloomberg News dalam sebuah wawancara, mengkonfirmasi kehadiran mereka untuk pertama kalinya.

KTT November akan menandai pertama kalinya Vladimir Putin, Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan bertemu secara langsung sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari lalu.

Kedatangan Putin memicu sanksi dari negara-negara Barat serta anggota G20 Jepang dan Korea Selatan.

China telah menghindari mengutuk serangan Rusia kepada Ukraina itu.

Seorang penasihat lama presiden Indonesia juga mengkonfirmasi bahwa Putin dan Xi akan menghadiri KTT tersebut.

“Jokowi mengatakan kepada saya bahwa Xi dan Putin keduanya berencana untuk hadir di Bali,” Andi Widjajanto, yang mengepalai Lembaga Ketahanan Nasional, mengatakan kepada kantor berita Reuters, dilansir Sosok.ID dari Al Jazeera, Minggu (20/8/2022).

Kremlin mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Putin dan Jokowi telah membahas persiapan KTT G20 dalam panggilan telepon pada hari Kamis (18/8/2022) tanpa mengonfirmasi bahwa pemimpin Rusia akan hadir.

Pejabat lain yang mengetahui situasi tersebut mengatakan kepada Bloomberg bahwa Putin berencana untuk menghadiri pertemuan tersebut secara langsung.

Kementerian luar negeri China tidak segera menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

Perjalanan ke Bali akan menjadi signifikan mengingat itu akan menjadi pertama kalinya Xi Jinping berada di luar China sejak awal pandemi pada awal 2020.

China diketahui telah mempertahankan kebijakan ketat nol-COVID yang hampir menutup perbatasannya, dan Xi sedang bersiap untuk mengamankan masa jabatan ketiga yang belum pernah terjadi sebelumnya sebagai presiden selama kongres Partai Komunis yang berkuasa, yang diperkirakan akan berlangsung pada akhir Oktober atau awal November.

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest