Follow Us

Peluncur Roket Canggih Milik AS Disebut-sebut Hancur Lebur di Ukraina, Apa yang Terjadi?

Rifka Amalia - Kamis, 07 Juli 2022 | 18:01
Ilustrasi - peluncur roket AS disebut-sebut hancur di Ukraina, klaim Rusia.
Gambar Iluastrasi/Pixabay

Ilustrasi - peluncur roket AS disebut-sebut hancur di Ukraina, klaim Rusia.

Sosok.ID - Negara Vladimir Putin, Rusia, mengklaim peluncur roket canggih milik Amerika Serikat (AS) hancur di Ukraina.

Rusia juga mengklaim telah menghancurkan dua depot amunisi yang menyimpan roket untuk HIMARS di dekat sebuah desa di selatan Kramatorsk.

Dilansir dari Al Jazeera, Kamis (7/7/2022), Kementerian pertahanan Rusia mengklaim pasukannya telah menghancurkan dua peluncur rudal Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) buatan AS di wilayah Donbas yang diperangi di Ukraina timur.

Kementerian mengatakan pada hari Rabu (6/7/2022) bahwa pasukan Rusia juga menghancurkan dua depot amunisi yang menyimpan roket untuk HIMARS yang sangat canggih di dekat garis depan di sebuah desa di selatan Kramatorsk di wilayah Donetsk Ukraina – fokus utama serangan militer Moskow setelah merebut wilayah Luhansk selama akhir pekan.

“Di dekat desa Malotaranovi di Republik Rakyat Donetsk, dua peluncur roket multipel HIMARS buatan AS dan dua depot amunisi terkait dihancurkan oleh rudal presisi tinggi yang diluncurkan dari udara,” kata juru bicara kementerian pertahanan Rusia Igor Konashenkov.

Konashenkov menyebut, stasiun radar untuk sistem pertahanan udara S-300 yang dioperasikan Ukraina bersama dengan kamp yang menampung “unit tentara bayaran asing” juga dihancurkan di daerah Limany di wilayah Mykolaiv.

Kementerian merilis rekaman video yang dikatakan menunjukkan serangan itu. Namun Al Jazeera tidak dapat memverifikasi klaim kementerian secara independen.

Staf umum Ukraina menolak klaim Rusia pada hari Rabu. Dalam sebuah posting di Twitter, dikatakan bahwa klaim itu "palsu" dan menggunakan HIMARS yang dipasok AS untuk menimbulkan "pukulan yang menghancurkan" pada pasukan Rusia.

Ukraina hanya menerima empat sistem HIMARS dari AS pada awal Juli, Dewan Eropa untuk Hubungan Luar Negeri mengatakan dalam sebuah laporan.

Washington telah berjanji untuk mengirimkan delapan sistem rudal pada pertengahan Juli.

Pasokan senjata Barat sangat penting bagi upaya Ukraina untuk mendorong kembali puluhan ribu tentara Rusia yang dikirim Moskow ke Ukraina pada 24 Februari dalam apa yang disebutnya "operasi militer khusus".

Dua puluh lima dari 28 negara yang memberikan bantuan militer ke Ukraina adalah anggota NATO, termasuk AS dan Inggris, yang memasok Kyiv dengan senjata canggih seperti sistem peluncuran roket ganda (MLRS).

Source : Al Jazeera

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest