Follow Us

Jadi Satu-satunya Presiden di Dunia yang Datangi Rusia dan Ukraina, Jokowi Dikawal 39 Pasukan Elit Membawa Senjata Tak Biasa!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Senin, 27 Juni 2022 | 11:31
Ilustrasi Paspampres
Tribunnews

Ilustrasi Paspampres

Sosok.ID - Bukan hanya publik Tanah Air, tapi dunia internasional kini dibuat geger lantaran keputusan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) yang akan melakukan perjalanan ke Ukraina dan Rusia.

Padahal diketahui kini dua negara yang pernah tergabung dalam Uni Soviet tersebut tengah berperang satu sama lain.

Bahkan sudah terhitung 4 bulan terakhir, baik militer Rusia maupun militer Ukraina saling serang.

Namun keputusan Jokowi untuk menemui Presiden Rusia, Vladimir Putin, dan orang nomor satu di Ukraina, Zelensky cukup mengejutkan.

Pilihan Jokowi untuk mendatangi dua negara yang tengah berperang itu cukup beresiko terhadap keamanan Presiden RI tersebut.

Tapi, demi memastikan keamanan Jokowi dalam kunjungan kenegaraan tersebut, Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) terlah menyiapkan sejumlah rencana.

Pasmpampres pun juga tak lupa menyiapkan perlengkapan dalam rangka rencana pengamanan perjalanan Presiden Jokowi ke wilayah konflik.

Melansir dari Kontan.co.id, Senin (27/6/2022) Komandan Paspampres Mayjen Tri Budi Utomo, mengungkapkan telah menyiapkan sejumlah hal.

Dikeathui pihak Pasmpampres telah menyiapkan helm, rompi, hingga senjata laras panjang untuk mendukung pengamanan Presiden Jokowi.

Bahkan disebut bahwa pihak Ukraina, juga telah memberikan keleluasaan kepada Paspampres untuk membawa perlengkapan yang diperlukan.

"Perlengkapan pun kita sudah siapkan helm, rompi yang kemungkinan kalau memang berkenan digunakan untuk kesiagaan di sana kita juga sudah siapkan semuanya," ujar Tri saat dikonfirmasi pada Kamis (23/6/2022).

"Untuk senjata, yang biasanya kita tidak menggunakan senjata laras panjang, dari pihak Ukraina juga sudah memberi kita keleluasaan untuk membawa senjata laras panjang sesuai dengan jumlah personel Paspampres kita. Dengan amunisi yang tidak terbatas," jelasnya.

Source : Kontan.co.id, Kompas.com

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest