Follow Us

Ngeri Perang, Terjadi Pertikaian antara Militer AS dan China, Buntut Manuver di Dekat Selat Taiwan

Rifka Amalia - Sabtu, 14 Mei 2022 | 19:05
China vs AS
Da qing - Imaginechina/VCG via Global Times

China vs AS

Sosok.ID - Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) mengirim kapal melalui Selat Taiwan setelah China melakukan latihan militer.

Mereka mengirim kapal keduanya dalam beberapa minggu melalui Selat Taiwan pada hari Selasa (10/5/2022) ketika ketegangan dengan China berkobar lagi di laut Asia timur.

Dilansir dari Al Jazeera, Armada ke-7 AS mengatakan USS Port Royal, kapal penjelajah berpeluru kendali kelas Ticonderoga, berlayar di dekat Taiwan “sesuai dengan hukum internasional”.

Angkatan Laut AS dan sekutunya melakukan patroli kebebasan navigasi secara teratur di sekitar Taiwan, sebuah demokrasi yang memerintah sendiri yang diklaim China sebagai miliknya.

Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA China) mengatakan bahwa mereka membayangi kapal penjelajah AS pada hari Selasa, menurut media pemerintah, dan menuduh AS menunjukkan dukungan untuk “pasukan separatis kemerdekaan Taiwan”.

Komando Teater Timur membuat pernyataan serupa pada akhir April setelah Angkatan Laut AS mengarungi kapal perang lain melalui Selat Taiwan selebar 180 kilometer.

Latihan itu tampaknya menjadi yang terbaru dalam pertukaran timbal balik dengan Beijing, kata Michael Mazza, seorang rekan non-residen di American Enterprise Institute, meskipun belum ada alasan untuk khawatir.

“Saya pikir interaksi ini menjadi normal baru – sering kali terjadi ketegangan yang agak meningkat, tetapi tidak ada yang terlalu berbahaya,” katanya kepada Al Jazeera.

PLA, sementara itu, telah terlibat dalam latihan militernya sendiri.

Pada hari Jumat, Beijing mengirim 18 pesawat tempur ke zona identifikasi pertahanan udara Taiwan, area darat dan laut di sekitar China selatan dan Taiwan yang dipantau oleh militer Taiwan.

Itu adalah serangan mendadak terbesar sejak 23 Januari, ketika Beijing mengirim 39 pesawat.

Pada hari Selasa, PLA menerbangkan 100 serangan mendadak dari kapal induk Liaoning, yang ditempatkan di lepas pantai Okinawa, sebuah pulau Jepang yang terletak di timur laut Taiwan dan yang juga merupakan rumah bagi pangkalan militer AS.

Source : Al Jazeera

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest