Follow Us

Jarang Disadari, Sosok Wanita Ini Disebut Jadi Nenek Orang Eropa Meski Awal Bertahta Baru Berusia 18 Tahun!

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Selasa, 03 Mei 2022 | 15:00
Ratu Victoria
History Extra

Ratu Victoria

Sosok.ID - Seperti pepatah lama, seorang wanita memang mampu merubah dunia dengan kecerdikannya, hal itu mungkin seperti yang dilakukan sosok wanita paling berpengaruh di Eropa satu ini.

Sosok itu tak lain adalah Ratu Victoria yang mengawali pengaruhnya di Benua Biru pada tahun (1837-1901) saat melamar sepupu pertamanya Albert dari Saxe-Coburg-Gotha tahun 1839 dan mereka menikah di tahun 1840.

Dalam pernikahan tersebut pasangan bangsawan ini memiliki 9 anak antara 1840 dan 1857, sebagian besar menikah dengan keluarga kerajaan Eropa lainnya.

Lebih menghebohkan lagi, dari rahim Victoria lahir penguasa-penguasa Eropa bahkan sampai sekarang.

Pasangan suami istri, ratu Victoria dan Albert ternyata memiliki julukan lain yakni sebagai keluarga nuklir di Inggris.

Victoria dan Albert adalah keturunan dari keluarga kerajaan yang berkaitan. Ratu Victoria keturunan dari House of Hanover, sebuah keluarga Jerman yang telah berdiri di tahta Inggris sejak penguasa pertama Inggris George I (yang tidak berbicara bahasa Inggris) di tahun 1714.

Pangeran Albert keturunan dari House of Saxe-Coburg-Gotha, aslinya di Bavaria, Jerman.

Keluarga Albert sudah terus-terusan bertugas sebagai Duke of Saxe-Coburg sebelum tugasnya menikahi Keluarga Kerajaan Inggris.

Memiliki ibu dan pengasuh Jerman, Jerman adalah bahasa ibu Victoria. Ratu disebutkan berbicara Inggris dengan sedikit aksen Jerman di masa kecilnya, menyebabkan diperlukannya tutor pribadi yang mengajarinya berbicara bahasa Inggris.

Sebagai polyglot, Ratu Victoria secara rutin terdengar berbicara dengan suaminya secara pribadi dalam bahasa Jerman.

Anak-anak pasangan ini mengambil nama rumah ayah mereka alih-alih ibunya, sehingga nama House of Hanover mati dengan Victoria walaupun keturunannya terus hidup.

Ketika Ratu Victoria meninggal pada tahun 1901, ia digantikan oleh putranya Edward VII (memerintah 1901-1910) – anggota pertama Wangsa Saxe-Coburg-Gotha yang duduk langsung di atas takhta Inggris. Dari Edward muncul dinasti Saxe-Coburg-Gotha Inggris yang berumur pendek, yang terdiri dari Edward VII sendiri dan putranya serta penerusnya George V (memerintah 1910-1936).

Source : Intisari Online

Editor : Andreas Chris Febrianto Nugroho

Baca Lainnya

Latest