Follow Us

SBY Derita Kanker Prostat, Presiden Jokowi Tak Tinggal Diam

Rifka Amalia - Rabu, 03 November 2021 | 07:31
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengidap kanker prostat
Instagram @aniyudhoyono

Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengidap kanker prostat

Sosok.ID - Berita kurang menyenangkan, datang dari Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Ketua Majelis Tinggi Parta Demokrat tersebut didiagnosis mengalami kanker prostat.

Staf pribadi SBY, Ossy Dermawan, dalam keterangannya pada Selasa (2/11/2021), dikutip dari Kompas.com mengatakan, kanker prostat yang diderita SBY masih stadium awal.

Penyakit ini terdeteksi setelah SBY melakukan pemeriksaan melalui metode MRI, biopsi, Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) Scan, dan pemeriksaan lainnya oleh tim dokter.

Baca Juga: Terukir di Buku Sejarah Sebagai Mantan Presiden RI, SBY Digaji Rp 25 Ribu Sampai Jual Es Demi Hidupi AHY dan Ibas

"Sesuai dengan diagnosis dari tim dokter, Bapak SBY mengalami kanker prostat (prostate cancer)," ujar Ossy, dikutip Sosok.ID, dilansir dari Kompas.com, Rabu (3/11/2021).

"Kanker prostat yang diderita oleh Bapak SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal," lanjut dia.

Ossy mengatakan, tim dokter memutuskan untuk melanjutkan perawatan SBY ke sebuah rumah sakit di luar negeri yang lebih mumpuni.

Rumah sakit itu juga telah menyambut baik keputusan tersebut.

Baca Juga: Mimpi Didatangi Ani Yudhoyono Jelang Operasi, Aliya Rajasa Terbaring Sakit, Menantu SBY: Menjadi Kekuatan

"Setelah dilakukan konsultasi yang mendalam dengan tim dokter Indonesia, termasuk para urolog senior, diputuskan medical treatment dilakukan di sebuah rumah sakit di luar negeri yang memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat," jelas Ossy.

"Ketua tim dokter luar negeri dalam komunikasi langsung dengan SBY (via telemedisin), setelah mempelajari semua data kesehatan Bapak SBY, menyampaikan optimismenya untuk bisa mengatasi penyakit yang diderita Bapak SBY," ungkap Ossy.

Source : Kompas.com

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest