Follow Us

'Gletser Kiamat' Diprediksi Akan Segera Runtuh, Bagaimana Nasib Bumi Kita?

Rina Wahyuhidayati - Senin, 21 Juni 2021 | 20:34
Ilustrasi Gletser terbesar di dunia diprediksi runtuh.
traveller.com.au

Ilustrasi Gletser terbesar di dunia diprediksi runtuh.

Sosok.ID - Umat manusia tengah dihadapkan dengan prediksi runtuhnya lapisan es atau gletser terbesar di dunia.

Namun, berdasarkan penemuan terbaru yang dipimpin oleh University of Michigan menunjukkan, bahaya keruntuhan mendadak diprediksi lebih kecil daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Mengutip Kontan.co.id sebagaimana dilansir dari Phys Sabtu (19/6/2021), studi yang dipublikasikan di Science, Gletser Thwaites Antartika Barat, salah satu gletser terbesar dan paling tidak stabil di dunia.

Runtuhnya tebing es dengan berbagai ketinggian digambarkan codong hampir vertikal dan nyaris bersentuhan dengan lautan.

Mereka menemukan bahwa ketidakstabilan tidak selalu mengarah pada disintegrasi yang cepat.

Baca Juga: Nyaris Satu Negara Kena Kibulnya, Pria Ini Pura-pura Mati Agar Dompetnya Tak Dikuras Istri, Tak Disangka Gegara Viral Akal Bulusnya Malah Terkuak

"Apa yang kami temukan adalah bahwa dalam rentang waktu yang lama, es berperilaku seperti cairan kental, seperti kue dadar yang menyebar di penggorengan," kata Jeremy Bassis, profesor ilmu dan teknik iklim dan ruang angkasa UM.

Para peneliti menggabungkan variabel keruntuhan es dan aliran es untuk pertama kalinya.

Mereka menemukan bahwa peregangan dan penipisan es, serta penopang dari bongkahan es yang terperangkap, dapat memoderasi efek ketidakstabilan tebing es laut yang disebabkan oleh fraktur.

Temuan baru ini mendukung teori sebelumnya tentang ketidakstabilan tebing es laut, yang menyatakan bahwa jika ketinggian tebing es mencapai ambang tertentu, ia dapat tiba-tiba hancur karena beratnya sendiri dalam reaksi berantai dari patahan es.

Gletser Thwaites di Antartika yang kerap disebut sebagai "Gletser Kiamat", bergerak mendekati ambang batas ini dan dapat berkontribusi hampir 3 kaki terhadap kenaikan permukaan laut jika terjadi keruntuhan total.

Baca Juga: Negaranya Terpojok, Ahli dari China Balik Sebut Amerika Serikat Harus jadi Prioritas Penyelidikan Asal-usul Corona

Source : Kontan.co.id, phys.org

Editor : Sosok

Baca Lainnya

Latest