Follow Us

Pergoki Kapal Berbendera Malaysia Terapung di Perairan Riau, Ini yang Didapati TNI AL

Seto Ajinugroho - Selasa, 22 Juni 2021 | 06:13
Kapal berbendera Malaysia
HUMAS LANAL TBK

Kapal berbendera Malaysia

Sosok.ID - Sebuah kapal berbendera Malaysia kedapatan terapung-apung di perairan Leho, Kepulauan Riau, Minggu (20/6/2021).

Kapal bernama TB Meisun GT 120,99 itu disinyalir masuk ke perairan Indonesia tanpa izin.

Komandan Pangkalan TNI AL Karimun Letkol Laut (P) Puji Basuki membeberkan bila saat anak buahnya menghampiri kapal, nampak hanya dua orang ABK WN Malaysia di sana.

"Pada hari Minggu kemarin, kami temukan satu kapal tugboat berbendera Malaysia dalam kondisi mengapung di perairan sebelah timur Pulau Karimun," kata Puji Basuki seperti dikutip sosok.id dari Kompas.com, Senin (21/6/2021).

Baca Juga: Terlihat Juga Tabiat Aslinya dalam Mencarikan Jodoh untuk Ayu Ting Ting, Umi Kalsum: Laki Itu Punya Segalanya

Ketika dua WN Malaysia itu diperiksa, mereka mengaku awalnya ada 5 orang di sana.

Tiga merupakan WNI namun mereka melarikan diri.

"Kami hanya menemukan dua orang kru, tiga lainnya sudah melarikan diri dari kapal pada malam hari dan meninggalkan dua kru asal Malaysia tersebut," ujar Puji.

Baca Juga: Baru Kemarin Sore Tolak Mentah-mentah Akui Bayinya hingga Ngotot Tes DNA, Alfath Fathier Banjir Nyinyiran gegara Mendadak Unggah Foto Anaknya dengan Ratu Rizky Nabila

"Kedua ABK itu tidak bisa mengemudikan kapal, sehingga tidak bisa kembali ke Malaysia," kata Puji.

Masalah finansial ditenggarai menjadi akar adanya hal ini.

Baca Juga: Lebih Dulu Makan Asam Garam Pernikahan, Raffi Ahmad Ketawai Atta Halilintar yang Baru Kemarin Sore Nikahi Aurel Hermansyah tapi Sudah Angkat Tangan Gara-gara Hal Sepele: Gimana Gue Sama Nagita Slavina

"Diduga dikarenakan permasalahan finansial yang diterima oleh ABK tidak sesuai harapan," kata Puji.

"Rencananya kapal diambil kembali oleh pemiliknya yang merupakan warga Malaysia yang sementara dikoordinasikan oleh pihak ILO TNI yang ada di Penang Malaysia," kata Puji.(Seto Aji/Sosok.ID)

Source : Kompas.com

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest