Follow Us

Dimaki dengan Umpatan Kasar oleh Menlu Filipina Imbas Konflik di Laut China Selatan, China Peringatkan Soal Sopan Santun

Rina Wahyuhidayati - Rabu, 05 Mei 2021 | 16:11
Tangkapan layar, Duterte dan Xi Jinping.
Tangkapan layar/24h

Tangkapan layar, Duterte dan Xi Jinping.

Sosok.ID - China menyerukan soal "sopan santun" dan "diplomasi megafon" setelah Menteri Luar Negeri Filipina Teodoro Locsin Jr. mengecam China dengan makian ksar.

Pada hari Senin, (3/5), Locsin menuliskan "Get the f*** off" (pergilah) kepada China melalui akun Twitter miliknya.

Cuitan itu dipandang ofensif saat kedua negara terlibat dalam perang kata-kata di Laut China Selatan.

Makian Menteri Luar Negeri Filipina Teodoro Locsin kepada China
Twitter Teodoro Locsin

Makian Menteri Luar Negeri Filipina Teodoro Locsin kepada China

Locsin telah menjadi kritikus vokal terhadap China dalam pemerintahan Presiden Rodrigo Duterte dan dikenal karena ucapannya yang blak-blakan.

Dalam beberapa cuitannya pada hari-hari berikutnya, Locsin meminta maaf kepada Penasihat Negara China dan Menteri Luar Negeri Wang Yi.

Baca Juga: Kerjasama Vaksin dengan China Dianggap Bahayakan Posisi Indonesia dalam Sengketa Laut China Selatan, Faktanya Negara Kita Sudah Siapkan Strategi

Locsin mengatakan dia "terprovokasi oleh pelanggaran teritorial paling berat terbaru."

Sementara itu, juru bicara Duterte, Harry Roque mengatakan presiden Filipina telah mengingatkan para pejabat bahwa kata-kata kotor tidak memiliki tempat dalam diplomasi, sebagaimana dilansir dari CNBC.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin menanggapi ledakan Locsin, mengatakan bahwa "fakta telah membuktikan berkali-kali bahwa diplomasi megafon hanya dapat merusak rasa saling percaya daripada mengubah kenyataan."

Di sisi lain, China sendiri memiliki rekam jejak dalam mencemooh negara lain.

Taktik agresif oleh diplomat China dalam beberapa tahun terakhir semakin banyak dilakukan di platform media sosial seperti Twitter, yang diblokir di China daratan.

Source : CNBC

Editor : Rina Wahyuhidayati

Baca Lainnya

Latest