Tiba di Bali, Inilah Kemampuan 3 Kapal yang Dikirim China untuk Evakuasi KRI Nanggala-402, Bisa Menyelam hingga 4.500 Meter

Kapal milik China yang akan bantu evakuasi KRI Nanggala-402 tiba di peraian Bali Kolase dok. TNI AL
Kapal milik China yang akan bantu evakuasi KRI Nanggala-402 tiba di peraian Bali

Sosok.ID - Angkatan Laut China (People Liberation Army Navy/PLA Navy) akan turut membantu evakuasi kapal selam KRI Nanggala-402.

Dua dari tiga kapal yang dikirm PLA Navy telah tiba di perairan Bali, pada Minggu (2/5/2021).

Kapal tersebut antara lain PRC Navy Ship Ocean Tug Nantuo-195 dan PRC Navy Ocean Salvage & Rescue Yong Xing Dao-863 disambut KRI Layang-635, sebagaimana dilansir Sosok.ID dari keterangan resmi Dinas Penerangan TNI AL, (3/5).

Kedua kapal disambut dengan ucapan selamat datang serta ucapan terimakasih atas bantuannya melalui alat komunikasi.

Sebelumnya, Duta Besar China untuk Indonesia kepada Menteri Pertahanan RI menawarkan bantuan kemanusiaan penanganan KRI Nanggala-402.

Dinas Penerangan TNI AL (Dispenal) mengatakan bahwa bantuan tersebut berawal dari tawaran Duta Besar China untuk Indonesia kepada Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto.

Baca Juga: Setelah KRI Nanggala-402 Tenggelam, Tiongkok Gencar Serbu Laut China Selatan, TNI AL Dapat Donasi Rp 1,2 Miliar Untuk Beli Kapal Selam Baru dari Masyarakat Tapi Ditolak, Ada Apa?

"Tawaran bantuan kemanusiaan ini disambut dengan senang hati pemerintah Indonesia," sebut siaran pers Dispenal, seperti dikutip dari KOMPAS TV.

China akan mengerahkan tiga kapal untuk mengangkat bangkai KRI Nanggala dari kedalaman 838 meter.

Video Pilihan

PROMOTED CONTENT

POPULAR

TAG POPULAR