Follow Us

KKB Papua Sah Ditetapkan Sebagai Gerakan Teroris, TNI Siapkan 400 'Pasukan Setan' Yonif 315/Garuda untuk Dikirim ke Papua

Dwi Nur Mashitoh - Jumat, 30 April 2021 | 17:04
KKB Papua ditetapkan sebagai teroris.
FB TPNPB

KKB Papua ditetapkan sebagai teroris.

Sosok.ID - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua kini ditetapkan sebagai gerakan teroris oleh pemerintah Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD dalam konferensi pers yang digelar Kamis (29/4/2021).

"Pemerintah menganggap bahwa organisasi dan orang-orang di Papua yang melakukan kekerasan masif dikategorikan sebagai teroris," ujar Mahfud MD seperti dikutip dari Live Breaking News KOMPAS TV, Kamis (29/4/2021).

"Jadi yang dinyatakan oleh Ketua MPR, BIN, TNI, Polri, dan tokoh-tokoh Papua yang datang kesini menyatakan mereka yang melakukan pembunuhan dan kekerasan secara brutal itu secara masif," terangnya.

Baca Juga: Tak Ada Lagi Takutnya, KKB Tembak Kabinda Papua, Lokasi Penembakan 3 Km dari Polsek, Kapolsek Boega: Tak Ada Suara Tembakan

Menurut keterangannya, penetapan KKB Papua sebagai gerakan terorisme sudah sesuai dengan UU Nomor 5 Tahun 2018.

"Ini sesuai dengan ketentuan UU Nomor 5 tahun 2018. Dimana yang dikatakan teroris itu siapapun orang yang merencanakan, menggerakkan dan mengorganisasikan terorisme," terangnya.

Ia lantas menjelaskan bahwa gerakan terorisme adalah perbuatan kekerasan yang bisa menimbulkan korban secara massal.

Juga menimbulkan kerusakan dan kehancuran terhadap objek vital yang strategis, terhadap lingkungan hidup, fasilitas publik, serta fasilitas internasional.

Baca Juga: Di Tengah Duka Nanggala, Kepala BIN Papua Gugur Dihujami Tembakan KKB, Bentuk Pengorbanan Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya

"Berdasarkan definisi dari UU Nomor 5 tahun 2018, maka apa yang dilakukan oleh KKB dan segala nama organisasinya dan orang-orang yang berafiliasi dengannya adalah tindakan teroris," tegas Mahfud.

Karena itu, pemerintah telah bertindak dengan memainta TNI, Polri, BIN, dan aparat terkait untuk segera melakukan tindakan.

Source : Surya.co.id

Editor : Dwi Nur Mashitoh

Baca Lainnya

Latest