Follow Us

Tak Hanya Pemerintah, Sejumlah Publik Figur Coba Hubungi Pimpinan TNI Untuk Beri Santunan dan Beasiswa Pada Anak Awak KRI Nanggala-402 yang Gugur, Hotman Paris: Bukan Pencitraan

Andreas Chris Febrianto Nugroho - Senin, 26 April 2021 | 16:23
ilustrasi. Tak Hanya Pemerintah, Sejumlah Publik Figur Coba Hubungi Pimpinan TNI Untuk Beri Santunan dan Beasiswa Pada Anak Awak KRI Nanggala-402 yang Gugur, Hotman Paris: Bukan Pencitraan
Tribunnews/Twitter @jurnalmaritim

ilustrasi. Tak Hanya Pemerintah, Sejumlah Publik Figur Coba Hubungi Pimpinan TNI Untuk Beri Santunan dan Beasiswa Pada Anak Awak KRI Nanggala-402 yang Gugur, Hotman Paris: Bukan Pencitraan

Sosok.ID - Kabar duka menyelimuti militer Indonesia saat insiden hilang kontak kapal Selam KRI Nanggala-402 jadi sorotan beberapa hari lalu.

Awak kapal telah dinyatakan gugur dalam tugas setelah penemuan bangkai kapal selam yang terbelah di kedalaman 830 meter.

Meski demikian banyak pihak pun menyoroti nasib dari keluarga awak kapal selam KRI Nanggala-402 yang ditinggalkan.

Bahkan pemerintah Kota Surabaya baru-baru ini mengumumkan telah menyiapkan beasiswa pendidikan bagi seluruh anak awak kapal selam tersebut.

Baca Juga: Dinyatakan Gugur Saat Bertugas, 53 Awak KRI Nanggala-402 Miliki Alasan Kuat Lebih Pilih Diam di Dalam Kapal Selam Ketimbang Berenang Keluar Kapal, Ini Alasannya!

Mengutip dari Kompas.com, hal tersebut diungkapkan langsung oleh Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi.

Menurut Eri, awak KRI Nanggala-402 merupakan patriot bangsa dan penjaga kedaulatan negeri.

"Beasiswa adalah bentuk penghargaan dari Pemkot Surabaya, meski tentu ini tidak sebanding dengan pengabdian beliau-beliau yang teguh hingga akhir menjaga laut kita," kata Eri di Surabaya, seperti dikutip dari Antara, Senin (26/4/2021).

Setidaknya dari 53 awak kapal selam yang dinyatakan gugur, ada 9 orang yang diketahui merupakan warga Surabaya.

Baca Juga: Di Tengah Duka Nanggala, Kepala BIN Papua Gugur Dihujami Tembakan KKB, Bentuk Pengorbanan Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya

Eri telah mengunjungi sejumlah keluarga awak kapal KRI Nanggala-402 yang tinggal di sejumlah kecamatan seperti Wonokromo, Semampir, Kenjeran, Tambak Sari, Bulak Sukolilo, dan Karang Pilang pada Minggu (25/4/2021).

Source : Kompas.com, Instagram, Antara, YouTube

Editor : Sosok

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest