Follow Us

Dari Cuma Tembok Candi Berubah Jadi Nyata, Alat Musik di Relief Candi Borobudur Berhasil Direplika, Netizen Merinding Dengar Suaranya: Bangga!

Tata Lugas Nastiti - Sabtu, 10 April 2021 | 10:07
Seniman Tanah Air replikasi alat musik di relief Candi Borobudur.
Tangkap layar Instagram/@ganjar_pranowo

Seniman Tanah Air replikasi alat musik di relief Candi Borobudur.

Sosok.ID - Memiliki Candi Borobudur sebagai salah satu warisan dunia, Indonesia memang patut berbangga hati.

Namun saat ini, Indonesia berhak lebih berbangga hati lagi memiliki Candi Borobudur.

Betapa tidak, para seniman di Tanah Air telah sukses menciptakan ulang replika alat-alat musik yang selama ini terukir di relief Candi Borobudur.

Ya, dilansir Sosok.ID dari akun Instagram @ganjar_pranowo, Jumat (9/4/2021) Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo baru saja hadiri acara Sound of Borobudur pada Kamis (8/4/2021) lalu.

Baca Juga: Kayaknya Baru Kemarin Sedih Batal Nikah dengan Adit Jayusman, Ayu Ting Ting Tetiba Ngaku Bersyukur, Rizky Billar: Berarti Dia yang Diselamatkan

Acara Sound of Borobudur ini digelar di Omah Mbudur, Kompleks Candi Borobudur dan diisi oleh sejumlah seniman kenamaan Tanah Air.

Sejumlah seniman kenamaan seperti Dewa Budjana, Purwacaraka dan Trie Utami terlihat memainkan alat musik yang asing namun terdengar indah.

Usut punya usut, alat-alat musik yang dimainkan oleh Dewa Budjana dan kawan-kawan adalah replika alat musik yang selama ini terukir di relief Candi Borobudur.

Sejumlah alat musik yang dimainkan diketahui bukan berasal dari Tanah Jawa.

Baca Juga: Menuju Perang, Kapal Induk Shandong China akan Diturunkan ke Laut Lepas, Uji Cobanya bahkan Tewaskan Pilot Jet Tempur J-15

Ada alat musik yang berasa dari Kalimantan, Thailand hingga India.

Suara indah yang dihasilkan oleh instrumen replika ini pun membuat Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo begitu kagum.

Source : Instagram

Editor : Tata Lugas Nastiti

Baca Lainnya

Latest