Follow Us

Belum Juga Full Operasional, AU Amerika Sudah Tak Puas dengan Performa F-35

Seto Ajinugroho - Rabu, 24 Februari 2021 | 22:00
Belum Juga Full Operasional, AU Amerika Sudah Tak Puas dengan Performa F-35
Petty Officer 3 Vance Hard

Belum Juga Full Operasional, AU Amerika Sudah Tak Puas dengan Performa F-35

Sosok.ID - Angkatan udara Amerika Serikat (AS) rupanya sedang galau.

Jet tempur siluman mereka, F-35 dianggap tak mumpuni sebagai penempur garis depan.

USAF menginginkan hadirnya kembali fighter F-15EX yang akan mengisi celah fighter garis depan AS.

Pejabat tinggi Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) baru-baru mengakui rencananya untuk membangun jet tempur baru sebagai pengganti jet siluman F-35 yang dianggap memiliki sejumlah masalah.

Baca Juga: Lindungi Harta Peninggalan Suami Pertamanya dari Berondongnya, Pabrik Uang Mendiang Suami Jennifer Jill Malah Dikabarkan Gulung Tikar

Dilansir dari Forbes, Kepala Staf Angkatan Udara Jenderal Charles Brown Jr. mengatakan bahwa F-35 yang disiapkan selama 20 tahun terlalu mahal dan tidak efisien setelah pengembangnya, Lockheed Martin, melengkapinya dengan semakin banyak teknologi baru.

Dengan harga sekitar US$ 100 juta per unit termasuk mesinnya, F-35 tergolong pesawat yang mahal. Meskipun memiliki kemampuan siluman dan memiliki teknologi canggih, F-35 memerlukan biaya perawatan yang sangat tinggi.

Dalam wawancaranya dengan Forbes hari Rabu (17/2) lalu, Brown menyamakan F-35 dengan Ferrari, produk mahal yang jarang dipakai namun memerlukan biaya perawatan tinggi.

Baca Juga: Ngeluh Sakit Kepala, Bocah Kecanduan Game Online di Subang Alami Kondisi Mengerikan, Berlanjut Tak Bisa Bergerak, Nyawanya Tak Tertolong

"Anda tidak boleh mengemudikan Ferrari ke kantor setiap hari, Anda hanya mengendarainya pada hari Minggu. F-35 adalah petarung kelas atas, kami ingin memastikan bahwa kami tidak menggunakan semuanya untuk pertarungan kelas bawah," ungkap Brown.

Pada awalnya F-35 diproduksi untuk menggantikan F-16 yang dirasa sudah ketinggalan zaman sebagai pesawat tempur harian yang bisa diterjunkan di misi-misi sederhana seperti penyergapan dan pengawalan.

Source : kontan

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest