Follow Us

Amerika Kirim Kapal Perang ke Pulau Sengketa, China Siap Merespon

Seto Ajinugroho - Rabu, 17 Februari 2021 | 23:00
Amerika Kirim Kapal Perang ke Pulau Sengketa, China Siap Merespon
USNI News

Amerika Kirim Kapal Perang ke Pulau Sengketa, China Siap Merespon

Sosok.ID - Amerika Serikat (AS) sedang dan akan melaksanakan segala kegiatan militer untuk menekan China.

Apa yang dilakukan AS ini adalah upaya mengurangi pengaruh China di kawasan.

Salah satunya ialah mengirimkan unsur kapal perang ke pulau sengketa.

Kawasan Laut China Selatan bakal makin panas. Sebuah kapal perang Angkatan Laut AS berlayar di pulau-pulau yang diklaim oleh China di Laut China Selatan pada Rabu (17/2).

Baca Juga: Tarik Semua Fasilitas Mewah Usai Jatuh Talak, Terungkap Alasan Muzdalifah Ceraikan Nassar 6 Tahun Silam: Perceraian Dibenci Allah tapi...

Reuters melaporkan, operasi bertajuk operasi kebebasan navigasi tersebut menandai langkah terbaru AS untuk menantang klaim teritorial China di Laut China Selatan, perairan yang diperebutkan banyak negara ini.

China mengklaim kedaulatan atas seluruh wilayah Laut China Selatan. Namun, Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan, dan Vietnam juga telah mengajukan klaim wilayah untuk beberapa atau semua pulau di wilayah ini.

Klaim teritorial China yang luas di perairan yang kaya sumber daya tersebut telah menjadi masalah tombol panas dalam hubungan China-AS yang semakin sulit.

Baca Juga: Gimana pun Ibu Kandung, Krisdayanti Langsung Minta Aurel dan Azriel Jangan Mikir yang Lain Selain Fokus Sembuh dari Covid-19: Masih Aja..

Kedua negara berselisih tentang perdagangan, asal muasal pandemi COVID-19, Hong Kong, Taiwan dan tuduhan pelanggaran hak asasi manusia terhadap Muslim Uighur.

Washington mengecam apa yang disebutnya sebagai upaya Beijing untuk menindas negara tetangga China dengan kepentingan yang bersaing.

Source : kontan

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest