Follow Us

AHY Tuding Partai Demokrat di-Kudeta Orang Penting Jokowi, Wakil Ketum Gerindra Tantang Sebut Nama: Jangan Cuma Katanya untuk Kesan Seolah Dizalimi!

Rifka Amalia - Selasa, 02 Februari 2021 | 19:00
Agus Harimurti Yudhoyono
KOMPAS.COM/GARRY ANDREW LOTULUNG

Agus Harimurti Yudhoyono

Sosok.ID - Putra dari Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menuding terjadi gerakan politik yang merugikan partai yang dipimpinnya.

AHY meyakini ada gerakan yang ingin mengambil alih kepemimpinan Partai Demokrat secara paksa.

Ia bahkan menuding upaya kudeta itu dilakukan oleh pejabat penting di lingkaran orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal itu disampaikan AHY dalam konferensi pers melalui akun YouTube Agus Yudhoyono, Senin (1/2/2021), usai rapat pimpinan bersama jajaran Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat.

Baca Juga: Geger Omnibus Law RUU Cipta Kerja, Istri AHY Kena Sentil Ratusan Orang, Anisa Pohan: Sudah Sampaikan ke Pepo

"Kami memandang perlu dan penting untuk memberikan penjelasan secara resmi tentang duduk perkara yang sebenarnya, yaitu tentang adanya gerakan politik yang mengarah pada upaya pengambilalihan kepemimpinan Partai Demokrat secara paksa yang tentu mengancam kedaulatan dan eksistensi Partai Demokrat," kata AHY dikutip dari Kompas.com.

Ketua Umum Partai Demokrat itu menyebut gerakan itu juga sudah mendapat dukungan dari sejumlah menteri dan pejabat penting di pemerintahan Jokowi.

"Menurut kesaksian dan testimoni banyak pihak yang kami dapatkan, gerakan ini melibatkan pejabat penting Pemerintahan, yang secara fungsional berada di dalam lingkar kekuasaan terdekat dengan Presiden Joko Widodo," kata AHY.

Baca Juga: Demi Penuhi Ambisi di Pilpres 2024, AHY Disarankan Gabung ke Kabinet Jokowi - Ma'ruf, Pengamat: Dia Sampai Keluar dari Tentara, Harus Cari Panggung

AHY menegaskan, pihaknya tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah dalam permasalahan tersebut.

"Karena itu, tadi pagi, saya telah mengirimkan surat secara resmi kepada yang terhomat Bapak Presiden Joko Widodo untuk mendapatkan konfirmasi dan klarifikasi dari beliau terkait kebenaran berita yang kami dapatkan ini," ujar AHY.

AHY menuturkan, upaya pengambilalihan kepemimpinan Partai Demokrat itu diketahui setelah menerima laporan dari para kader Partai Demokrat di tingkat pusat, daerah, maupun cabang.

Source : GridHot.ID

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest