Follow Us

Demi Penuhi Ambisi di Pilpres 2024, AHY Disarankan Gabung ke Kabinet Jokowi - Ma'ruf, Pengamat: Dia Sampai Keluar dari Tentara, Harus Cari Panggung

Rifka Amalia - Minggu, 05 Juli 2020 | 19:00
Agus Harimurti Yudhoyono dan Presiden Joko Widodo
Instagram/@jokowi @agusyudhoyono

Agus Harimurti Yudhoyono dan Presiden Joko Widodo

Sosok.ID - Presiden Joko Widodo sempat menggertak bakal melakukan reshuffle para menteri yang berkinerja buruk.

Ancaman itu dilontarkan Jokowi dalam Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara, Kamis (18/6/2020) yang kemudian diunggah pada Minggu (28/6/2020).

Sejak itu, muncul nama-nama yang diprediksi bakal bergabung dengan kabinet Jokowi - M'aruf.

Wacana perombakan tersebut juga digadang-gadang dapat digunakan sebagai peluang bagi Demokrat dan PAN untuk terjun di pemerintahan yang sekarang.

Baca Juga: Mendadak Bermunculan Komentator Setelah Jokowi Marah, Yunarto Wijaya: Coba Prabowo yang Begini, ILC Nggak Akan Bahas

Spekulasi politik tentang bakal pengganti menteri-menteri saat ini muncul salah satunya dari Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya.

Melansir Tribunnews.com, Yunarto menganalisis adanya kemungkinan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) masuk kabinet di periode kedua pemerintahan Jokowi.

Menurutnya, ada kesempatan bagi AHY untuk bergabung, terlebih AHY memiliki ambisi kuat di pemilihan presiden tahun 2024.

"Mungkin, pasti ada (peluang AHY jadi menteri)," kata Yunarto dalam webinar bertajuk "Reshuffle: Siapa Layak Diganti dan Menggantikan", Sabtu (4/7/2020), dikutip dari Tribunnews.com.

Baca Juga: Marahnya Presiden Bukan Main-main, Fadli Zon Malah Sebut Nggak Guna Jokowi Frustasi, Singgung Tak Cakap Jadi Pemimpin

"AHY pasti punya ambisi di 2024 sampai keluar dari tentara dan kita sadari juga kondisi ketika dia begini-begini saja artinya menjadi ketua umum Partai Demokrat dan masih ada bayang-bayang ayahnya," ungkapnya.

Yunarto menuturkan, jika ada kesempatan, ada baiknya AHY mengambil tawaran yang disodorkan untuknya.

Source : Tribunnews.com

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest