Follow Us

Dinas Sosial Blak-blakan Curiga Jumlah Gelandangan di Jakarta Melonjak Akibat Blusukan Risma: Karena Janji Diberikan Pekerjaan dan Rumah

Rifka Amalia - Rabu, 06 Januari 2021 | 16:30
Tri Rismaharini
TRIBUNNEWS/DANY PERMANA

Tri Rismaharini

Sosok.ID - Penyandang tunawisma di Jakarta, diduga melonjak karena tergiur janji manis Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Seperti diketahui, sejak jadi Wali Kota Surabaya pun Risma memang dikenal kerap blusukan ke tempat-tempat tertentu di daerah yang dipimpinnya.

Namun agaknya gaya blusukan Risma di Jakarta menuai berbagai kritik.

Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat Ngapuli Parangin-angin menyebut tunawisma makin marak ditemukan setelah Risma beberapa kali melakukan blusukan di jalanan ibu kota.

Baca Juga: Baru Juga Dilantik Jadi Menteri Oleh Presiden Jokowi, Tri Rismaharini Hadapi Tugas Berat yang Sempat Buat Mensos Sebelumnya Berurusan dengan Hukum: Harus Kerja Keras

Ia pun curiga para gelandangan itu bermunculan karena janji manis yang disampaikan Risma saat blusukan.

"Karena beberapa kali Bu Mensos menginfokan dan akan menjanjikan kepada masyarakat marjinal akan diberikan pekerjaan, diberikan rumah."

"Dan ini agak curiga apakah informasi seperti itu orang yang dari luar Jakarta pada datang ke Jakarta," kata Ngapuli saat dihubungi, Rabu (6/1/2021).

Ngapuli pun mengaku sudah berkordinasi dengan jajaran Satuan Polisi Pamong Praja Jakarta Pusat untuk menjaring para tunawisma di wilayahnya.

Baca Juga: Detik-detik Wlikota Surabaya Ngamuk Gegara Pendemo Rusak Beberapa Fasilitas Umum, Risma: Saya Setengah Mati Bangun Kota, Kamu yang Hancurin!

"Semalam kami bersama Satpol PP menjaring 29 Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial dan semua ditaruh di GOR Tanah Abang," ucapnya.

Menurut dia, seluruh gelandangan yang sudah terjaring itu akan didata dan menjalani asesment oleh psikolog.

Source : Kompas.com

Editor : Rifka Amalia

Baca Lainnya

Latest