Follow Us

Panasi Mesin Perang, Iran dan Amerika Mulai Tegang di Teluk Persia

Seto Ajinugroho - Minggu, 03 Januari 2021 | 06:13
Panasi Mesin Perang, Iran dan Amerika Mulai Tegang di Teluk Persia
USNI News

Panasi Mesin Perang, Iran dan Amerika Mulai Tegang di Teluk Persia

Sosok.ID - Timur Tengah sebentar lagi membara.

Hal ini lantaran Iran sedang meningkatkan status militernya menjadi siaga.

Penyebabnya tak lain tak bukan karena Amerika Serikat (AS) mengirim pesawat bomber B-52 Stratofortress ke Timur Tengah.

Tujuan pengiriman bomber tersebut ialah untuk menekan Iran.

Baca Juga: Tergila-gila dengan Gladiator Cinta, Kalina Ocktaranny Akui Tak Sabar Ingin Segera Sandang Gelar Nyonya Vicky Prasetyo: Aku Siap!

Teheran tentu tak terima dengan ini, mereka langsung menyiagakan militernya.

Satu saja tindakan gegabah dari kedua belah pihak, maka perang bisa meletus.

Amerika Serikat dan Iran saling tuduh telah meningkatkan ketegangan di Teluk Persia di saat kekhawatiran tentang potensi konflik meningkat beberapa hari sebelum Iran menandai satu tahun sejak AS membunuh tokoh militer paling kuatnya dan kurang dari tiga minggu sebelum Presiden terpilih Joe Biden mulai menjabat.

Iran meminta Dewan Keamanan PBB untuk menghentikan AS melakukan apa yang mereka sebut peningkatan "petualangan militer" di Teluk dan Laut Oman, termasuk pengiriman pembom bersenjata nuklir ke wilayah tersebut, menyatakan bahwa mereka tidak menginginkan konflik tetapi akan membela diri jika perlu.

Baca Juga: Sudah Bilang Ogah Perang, Iran Bersumpah Tak Ada Tempat Aman di Bumi bagi Pembunuh Qasem Soleimani: Pembalasan Ilahi Pasti Dilakukan

Aktivitas militer yang semakin cepat diimbangi dengan retorika. Kepala pasukan elit militer Quds Iran menyarankan bahwa pembalasan atas kejahatan AS mungkin datang dari dalam negeri AS sendiri.

Presiden Donald Trump, yang dilaporkan meminta opsi militer untuk menangani Iran pada November, men-tweet minggu lalu bahwa dia akan meminta pertanggungjawaban Iran jika ada orang Amerika yang terbunuh.

Source : kontan

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest