Follow Us

Indonesia Diberi Jalan Mudah Dapatkan Jet Tempur Stealth F-35 Lightning II dan F-16 Viper dari Amerika Serikat

Seto Ajinugroho - Kamis, 05 November 2020 | 06:13
Indonesia Diberi Jalan Mudah Dapatkan Jet Tempur Stealth F-35 Lightning II dan F-16 Viper dari Amerika Serikat
Air & Space Magazine

Indonesia Diberi Jalan Mudah Dapatkan Jet Tempur Stealth F-35 Lightning II dan F-16 Viper dari Amerika Serikat

Sosok.ID - Jet tempur Stealth (siluman) F-35 Lightning II memang menjadi primadona negara-negara dunia.

Banyak yang mau memperoleh jet tempur canggih tersebut dan rela rogoh kocek dalam-dalam serta antri demi mendapatkannya.

Indonesia termasuk peminat, namun Jakarta tak mau kalau suruh antri panjang.

Egois memang karena Indonesia mintanya didahulukan dan Amerika Serikat (AS) akhirnya memberi jalan.

Baca Juga: 2 Bulan Lagi Tahun 2021, Roy Kiyoshi Terawang Bakal Terjadi Bencana Mengerikan yang Dipenuhi Teriakan Minta Tolong di Tahun Depan: Air Besar Campur Lumpur!

Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) Muhammad Lutfi menjelaskan rencana pembelian pesawat tempur F-35 dari AS.

Sebelumnya rencana pembelian tersebut dibahas saat kunjungan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ke AS. Meski begitu Lutfi bilang untuk pembelian pesawat tempur tercanggih itu memerlukan waktu tunggu yang panjang.

Selain itu pesawat generasi kelima dari AS tersebut pun perlu penyesuaian platform. Lutfi bilang, sebelum membeli F-35, Indonesia harus terlebih dahulu memiliki platform pesawat setara dengan generasi keempat dan 4,5.

Baca Juga: Rocky Gerung Katai Presiden Jokowi Tidak Paham Pancasila, Sebut Itu Kritik Bukan Penghinaan, Tak Terima Dilaporkan

Salah satu pesawat generasi tersebut adalah F-16 blok 72. Sementara itu pesawat tempur Indonesia saat ini merupakan F-16 seri pertama atau AB.

Lutfi bilang AS akan memberikan penawaran terbaru bagi Indonesia. Hal itu untuk menyiasati waktu tunggu yang panjang untuk mendapatkan pesawat tempur. "Mereka akan memberikan yang terbaik tanpa reservasi," terang Lutfi yang juga mantan Menteri Perdagangan tersebut.

Baca Juga: Medan Militer Malabar Terjunkan Prajurit Jepang, India, Australia, dan AS dengan Maksud Terselubung 'Pecundangi' China

Asal tahu saja saat ini Indonesia tengah menggenjot belanja Alat Utama Sistem Persenjataan. Selain dengan AS, kerja sama terkait pertahanan juga dilakukan Indonesia dengan Turki, India, dan Austria.(*)

Artikel ini pernah tayang di Kontan dengan judul "Sebelum bisa beli F-35, Indonesia harus punya jet tempur jenis ini terlebih dulu"

Source : kontan

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest