Follow Us

Lagaknya Bak Pahlawan, Nyatanya Australia Ogah Beri Perlindungan pada 1.500 Penduduk Timor Leste Meski Diminta PBB, Ini Alasannya

Khaerunisa - Kamis, 22 Oktober 2020 | 09:35
Ilustrasi Timor Leste
via Kompas.com

Ilustrasi Timor Leste

Sosok.ID - Perannya dalam mengamankan Timor Leste ketika terjadi kerusuhan usai referendum tahun 1999 membuat Australia tampilbak pahlawan.

Seperti diketahui, kerusuhan pecah usai referendum Timor Leste tahun1999 yang menunjukkan hasil bahwa mayoritas warganya menolak integrasidengan Indonesia, dengan kata lain menginginkan kemerdekaan.

Diyakini militan pro-integrasi memulai serangan terhadap warga sipil danmeluas menjadi kerusuhan di seluruh Timor Leste, saat itu dikenal TimorTimur.

Kerusuhan yang diduga menewaskan 1.400 penduduk tersebut kemudian membuat PBB menurunkan pasukan resminya, bernama Interfet, untuk membangun dan memelihara perdamaian di Timor Leste.

Baca Juga: Padahal Peluru Masih Bersarang di Pingganya, Pemuda yang Selamat dari Tragedi Santa Cruz Timor Leste 1991 Ini Enggan Mengangkatnya Gara-gara Takut Dioperasi Anak Tentara Indonesia

Meskipun merupakan pasukan resmi PBB, namun sebagian besar pasukantersebut terdiri dari personel Angkatan Pertahanan Australia.

Itulah bagaimana Australia dapat mengaku pahlawan bagi Timor Lestedalam upayanya membangun hubungan diplomatik dengan negara tetangganya.

Namun, rupanya pemerintah Australia pernah menolak untuk menawarkan tempat berlindung yang aman kepada ribuan orang Timor Leste pro-kemerdekaan setelah negara tersebut merdeka.

Melansir smh.com.au (2/1/2020), pemerintah Howard menolak untuk menawarkan tempat berlindung yang aman kepada sekitar 1.500 orang Timor-Leste pro-kemerdekaan yang diyakini oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa terancam di Indonesia.

HALAMAN SELANJUTNYA>>>

Editor : Intisari Online

Baca Lainnya

Latest