China Mengemis agar India Kembalikan Tentaranya, Klaim Anggota PLA yang Ditangkap Tersesat Saat Bantu Penggembala Lokal

Ilustrasi - Militer India DNA India
Ilustrasi - Militer India

Sosok.ID - Tentara India telah menangkap pasukan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) di perbatasan yang disengketakan.

Tentara PLA itu ditangkap di daerah Demchok di Ladakh timur dan akan dikembalikan setelah menyelesaikan formalitas, kata tentara India dalam sebuah pernyataan pada hari Senin (19/10/2020).

Ia tersesat saat melintasi perbatasan di wilayah Himalaya barat di mana kedua negara telah mengumpulkan ribuan tentara menyusul bentrokan mematikan pada bulan Juni lalu.

Sementara itu, China mengklaim bahwa tentara yang ditangkap tersebut melintasi LAC untuk 'membantu gembala lokal'.

Baca Juga: Balas Dendam, Militer India Semakin Pecundangi China dengan Gelar Latihan Perang Besar-besaran Bersama Jepang. Australia dan AS

Militer China mengatakan pada Senin malam bahwa mereka berkomunikasi dengan India atas kasus tentara China yang tersesat di Garis Kontrol Aktual (LAC) di sektor Demchok, dan telah ditangkap.

Tentara India mengidentifikasinya sebagai Kopral Wang Ya Long, yang diberikan bantuan medis termasuk oksigen, makanan dan pakaian hangat sebagai perlindungan dari kondisi iklim yang keras.

Ia juga mengkonfirmasi telah menerima permintaan dari Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) tentang keberadaannya.

Dikutip dari The Hindu, Selasa (20/10/2020), Angkatan Darat mengatakan sesuai protokol yang ditetapkan, Kopral Long akan dikembalikan ke pejabat China di titik pertemuan Chushul – Moldo setelah menyelesaikan formalitas.

Baca Juga: Australia, AS, dan Jepang Turun di 'Medan Tempur' Malabar India, China Ketar-ketir Bakal Dibangun NATO Indo-Pasifik Usai Quad Adakan Pertemuan

Video Pilihan

POPULAR

TAG POPULAR