Follow Us

Turki Sukses Uji Coba Sistem Pertahanan Udara S-400 Rusia, Amerika Waspada

Seto Ajinugroho - Minggu, 18 Oktober 2020 | 07:13
Turki Sukses Uji Coba Sistem Pertahanan Udara S-400 Rusia, Amerika Waspada
Sputniknews

Turki Sukses Uji Coba Sistem Pertahanan Udara S-400 Rusia, Amerika Waspada

Sosok.ID - Walau sama-sama sebagai anggota NATO, Turki selalu mendapat sentimen negatf dari Amerika Serikat (AS).

Apalagi ketika Turki membeli sistem pertahanan udara S-400 dari Rusia.

Melihat kelakuan sekutunya itu AS berang.

Gedung Putih menganggap Turki keterlaluan karena malah bersahabat dengan Rusia.

Baca Juga: 1,5 Tahun Terpaksa Berkubang di Dalam Toilet Sempit yang Bau, Wanita Ini Dikurung Suaminya Sendiri di Kamar Mandi Gegara Dianggap Gila, Kondisinya Saat Ditemukan Memprihatinkan

Turki menguji sistem pertahanan udara S-400 buatan Rusia untuk pertama kalinya selama latihan di dekat Kota Sinop, Utara negara itu, sumber TASS mengungkapkan.

"Tiga rudal sistem pertahanan anti-pesawat S-400 diluncurkan. Semuanya berhasil mencapai target yang ditentukan," ungkap sumber TASS di lingkaran militer dan diplomatik Rusia, Jumat (16/10).

Tahun lalu, Amerika Serikat (AS) mengecualikan Turki dari program jet tempur F-35 generasi kelima, setelah Ankara menerima gelombang pertama sistem rudal permukaan-ke-udara buatan Rusia tersebut.

Baca Juga: Nyesek Sampai ke Ulu Hati, Minta Dilamar Usai Jalin Kisah Cinta 7 Tahun, Wanita Ini Harus Telan Pil Pahit karena sang Kekasih Ternyata Cuma Menganggapnya Teman

Pada Agustus lalu, Alexander Mikheyev, CEO Rosoboronexport, perusahaan pelat merah Rusia yang menjual senjata, mengatakan, Turki telah meneken kontrak pengiriman gelombang kedua S-400.

Rusia pada September 2017 mengumumkan, mereka telah menandatangani kesepakatan senilai US$ 2,5 miliar dengan Turki untuk pengiriman sistem rudal anti-pesawat S-400 ke Ankara.

Source : kontan

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest