Follow Us

Semakin Panas, China Kirim Kapal Survei dan Mata-mata di Pasifik Selatan

Seto Ajinugroho - Minggu, 18 Oktober 2020 | 06:13
Semakin Panas, China Kirim Kapal Survei dan Mata-mata di Pasifik Selatan
SCMP

Semakin Panas, China Kirim Kapal Survei dan Mata-mata di Pasifik Selatan

Sosok.ID - Entah apa yang dipikirkan Beijing.

Mereka semakin mengompori situasi di Pasifik Selatan.

Kali ini PLA Navy mengirim kapal mata-mata untuk mengawasi peregrakan kapal negara lain.

Tentu saja Amerika Serikat (AS) tak luput dari kegiatan spionase ini.

Baca Juga: 1,5 Tahun Terpaksa Berkubang di Dalam Toilet Sempit yang Bau, Wanita Ini Dikurung Suaminya Sendiri di Kamar Mandi Gegara Dianggap Gila, Kondisinya Saat Ditemukan Memprihatinkan

Data pelacakan kapal mengungkapkan bahwa Beijing mengerahkan kapal survei kontroversial dengan pengawalan Penjaga Pantai pada hari Selasa ketika perselisihan di perairan yang disengketakan memanas.

China sering menyebarkan kapal mata-mata (spy ship) kontroversial ke perairan yang diklaim negara lain di Laut China Selatan untuk memantau negara pesaing, serta untuk tujuan militer.

Itu terjadi ketika perdana menteri baru Jepang Yoshihide Suga bersiap untuk mengunjungi Vietnam minggu depan, negara yang dipandang Beijing sebagai saingan strategis.

Baca Juga: Misteri Terbongkarnya Makam Seorang Dukun Hebat di Jambi, Tali Pocong Raib Digondol Orang Tak Bertanggung Jawab Tepat Saat Peringatan 1.000 Hari Kematiannya

Diharapkan Jepang bisa merencanakan untuk menjual alutsista ke negara Vietnam.

Data pengiriman yang ditinjau oleh RFA mengungkapkan survei Shiyan-1 dan kapal penelitian berangkat dari Teluk Haikou, di provinsi Hainan China, pada hari Senin.

Source : kontan

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest