Follow Us

Korut Jangan Jumawa, Korsel Bisa Lakukan Serangan Kilat Mematikan ke Pyongyang dalam Waktu Singkat

Seto Ajinugroho - Kamis, 15 Oktober 2020 | 06:13
Korut Jangan Jumawa, Korsel Bisa Lakukan Serangan Kilat Mematikan ke Pyongyang dalam Waktu Singkat
Republic of Korea Army

Korut Jangan Jumawa, Korsel Bisa Lakukan Serangan Kilat Mematikan ke Pyongyang dalam Waktu Singkat

Sosok.ID - Korea Utara (Korut) sedang jumawa karena mereka baru saja memamerkan rudal balistik terbarunya.

Rudal balistik antar benua ini bisa dikatakan terbaik di Korut karena bisa menjangkau belahan bumi lain.

Walau merasa diintimidasi, Korea Selatan (Korsel) lantas menanggapi dingin.

Seoul berujar jika mereka bisa melakukan serangan kilat mematikan ke Pyongyang sebelum Kim Jong Un dan kolega bisa bereaksi.

Baca Juga: Tiongkok Ancam Bakal Beri Balasan Sengit Bila AS Benar-benar Kirim Drone MQ-9 Reaper ke Pulau Buatannya di Laut China Selatan

Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan, militer mereka bisa "segera menanggapi dan melumpuhkan" artileri termasuk rudal Korea Utara jika digunakan untuk menyerang Korea Selatan.

Pernyataan tersebut keluar setelah Korea Utara meluncurkan senjata baru selama parade mililter besar-besaran di Pyongyang untuk menandai ulang tahun ke-75 berdirinya Partai Buruh pada Sabtu (10/10).

Selain itu, Korea Utara memperlihatkan rudal balistik jarak pendek versi Rusia, Iskander, dan beberapa peluncur roket super besar, yang telah mereka uji coba beberapa kali sejak 2019.

Wakil juru bicara Kementerian Pertahanan Korea Selatan Kolonel Moon Hong-sik mengatakan, militer mereka bisa mencegat rudal dengan Sistem rudal darat-ke-udara Patriot dan M-SAM II.

Baca Juga: Masing-masing Keluarga Sudah Beri Lampu Hijau dan Dapat Restu dari Sabang Sampai Merauke, Rizky Billar Ngotot Ogah Akui Lesty Kejora Sebagai Pacar, Sule: Tapi Rasanya Gimana?

"Dalam kasus serangan simultan (yang melibatkan berbagai jenis rudal), kami dapat segera menanggapi dan melumpuhkan mereka dengan mengoperasikan tidak hanya sistem pertahanan rudal gaya Korea, tetapi juga sistem serangan strategis lainnya," kata Moon seperti dikutip Yonhap.(*)

Artikel ini pernah tayang di Kontan dengan judul "Korea Utara pamer rudal, Korea Selatan: Kami bisa melumpuhkannya dan serang balik"

Source : kontan

Editor : Seto Ajinugroho

Baca Lainnya

Latest